Vaksin Gotong Royong Belum Terlaksana di Kota Bengkulu

Ilustrasi vaksinasi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong hampir dipastikan tidak dapat terlaksana sesuai dengan perkiraan awal yakni Maret 2021 di Kota Bengkulu. Ada beberapa penolakan dari berbagai pihak terkait penerapan vaksin mandiri tersebut. Penolakan datang dari pihak rumah sakit serta perusahaan swasta.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Sri Martiana menyebut penolakan datang dari perusahaan swasta dengan alasan karena besar kemungkinan ketika perusahaan tidak memiliki dana sehingga tidak mampu membayar vaksin, otomatis beban diberikan kepada karyawan untuk membayar. Selain itu, bagi masyarakat yang belum divaksin, tak bisa mengikuti vaksinasi gratis dari program pemerintah.

“Sejauh ini vaksin gotong royong belum bisa terlaksana. Ada beberapa hal yang menjadi kendala diantaranya penolakan dari berbagai pihak. Dan karena vaksin gotong royong ini kan sifatnya mandiri ya, mungkin masyarakat juga terbebani jika harus bayar, ” kata Sri, Senin (30/08).

Pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong ini diharapkan tidak akan mengganggu program vaksinasi pemerintah yang bersubsidi. Dengan begitu, target vaksinasi dapat tercapai dan masyarakat tidak akan berprasangka buruk dengan adanya vaksinasi gotong royong ini. Mengingat tingkat keberhasilan vaksinasi dilihat dari ketersediaan stok dan anggapan positif masyarakat terkait vaksinasi. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*