Vaksin Covid-19 di Mukomuko Dilakukan Awal Februari

IST/BE
Vaksin yang sudah diterima dan disimpan di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko.

 MUKOMUKO,bengkuluekspress.com– Kabupaten Mukomuko telah menerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang diterima dari Pemprov Bengkulu sebanyak 2.620 vial. Penyuntikan vaksin direncanakan dilakukan serentak awal Februari 2021 mendatang. “Vaksinnya sudah kita terima dan disimpan di gudang Dinas Kesehatan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM, (27/1).

Menurutnya, vaksin sebanyak 2.620 vial itu di peruntukan 1.310 orang. Yakni sebanyak 1.300 tenaga kesehatan (Nakes) dan 10 pejabat esensial. Yaitu, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD, Kajari, Dandim 0428/Mukomuko, Kapolres, Kadinkes, Ketua MUI dan satu tokoh masyarakat.
“Untuk satu orang akan dilakukan dua kali pemberian vaksin, dengan jangka waktu 14 hari terhitung telah dilakukan penyuntikan pertama. Contohnya jika penyuntikan vaksin tanggal 1 Februari, maka akan dilakukan penyuntikan kembali sekitar tanggal 15 Februari 2021 mendatang,” jelasnya.

Meskipun sudah disiapkan orang – orang yang akan divaksin, sambungnya, namun nantinya akan dipastikan kesehatannya dengan cara dilakukan screening sebelum diberi vaksin.
“Ini untuk memastikan yang bersangkutan sehat dan bisa menerima vaksin,” bebernya.

Menurut Bustam, sedangkan untuk pendistribusian vaksin di belasan Puskesmas di daerah ini dilakukan dalam beberapa hari kedepan. Untuk tenaga vaksinator disiapkan di masing – masing Puskesmas sebanyak 4 – 5 orang. Yang tugasnya untuk melakukan penyuntikan kepada nakes dan pejabat esensial yang akan diberikan vaksin tersebut.
“Untuk sarana dan prasarana lainnya sudah siap. Seperti menyiapkan vaksinator di Puskesmas dan kesiapan lainnya,” lanjut Bustam. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*