Usung Konsep 3R, PDU BU Siap Pilah Sampah Hingga 10 Ton Per Hari

Ruang Pilah Sampah PDU BU

Bengkulu Utara, Bengkuluekspress.com – Kabupaten Bengkulu Utara (BU) salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang saat ini memilik pasilitas Pusat Daur Ulang Sampah (PDU), dimana alat-alat tersebut mampu mengolah dan memilah sampah hingga 10 ton per hari. Meski kemampuan pengolahan sampah hingga 10 ton per hari namun saat ini pengolahan belum sepenuhnya optimal mengigat sarana dan perasaran yang ada baru saja selesai di bangun dan masih dalam tahap uji coba.

Sahrudin selaku Koordinator PDU mengatakan, pembangunan PDU ini langsung dari kementerian terkait. Tujuan didirikannya PDU ini untuk mengurangi terjadinya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dimana sampah-sampah masyarakat baik organik maupun non organik sebelum sampai di TPA terlebih dahulu diolah di PDU sehingga sampah masyarakat yang sampai di TPA betul-betul sampah yang tidak bisa lagi didaur ulang. Hal ini sesui dengan konsep yang diusung 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

“Alat kita ini baru semua dan sekarang masih tahap uji coba. Sesudah lebaran baru kita oprasikan secara optimal. Harapan kita dengan adanya alat PDU ini dapat mengurangi volume sampah di TPA. Dan untuk BU kita baru punya satu PDU yang kapasitasnya besar seperti ini,” tandas Sahrudin, Kamis (6/5).(cw1)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*