Usulkan Peralatan Siaga Bencana

IR Taufik
IR Taufik

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang dibawah kendali Ir Taufik terus berbenah untuk meningkatkan sarana dan prasarana di lembaga yang dipimpinnya. Setelah melaksanakan pembekalan dan pelatihan pada personel tanggap bencana. Pihaknya terus berupaya mencari anggaran untuk pengadaan kendaraan dan peralatan siaga bencana.

Kepala BPBD Kepahiang, Ir Taufik mengatakan, pihaknya tengah berupaya mengusulkan bantuan ke BNPB agar memberikan bantuan peralatan berupa kendaraan serta perlengkapan dapur umum. Sehingga di saat terjadi bencana alam, program bantuan kepada wilayah terdampak bencana bisa dilakukan secara maksimal.

“Kalau selama ini kita baru memberikan bantuan berupa selimut dan makanan siap saji saja. Kalau sudah ada tenda, dapur umum tentunya bisa membuka dapur untuk menyediakan makanan bagi warga korban bencana,” tutur Taufik.

Menurutnya, proposal bantuan sudah diajukan ke BNPB dan pemerintah pusat. Sehingga diharapkan tahun 2019 mendatang pemerintah dapat menganggarkan dana untuk BPBD Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

“Proposal sudah dimasukan, semoga bisa diakomodir secara baik. Kita terus berjuang untuk kelengkapan BPBD,” katanya.

Selain dana pusat, BPBD Kepahiang juga mengharapkan, adanya anggaran cukup melalui APBD Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Sehingga program kegiatan, baik pembinaan serta pelatihan masyarakat tanggap bencana dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. Guna mencegah timbulnya korban jiwa saat bencana alam terjadi.  “Kawasan kita merupakan daerah rawan bencana alam, seperti tanah longsor, angin kencan serta banjir bandang,” tutup Taufik. (320)