Usulkan Peralatan Pengolahan Ikan

Novianto S Sos MSi

KOTA MANNA, BE – Dinas Perikanan Bengkulu Selatan (BS), terus berupaya membantu peningkatan perekonomian nelayan di BS. Sehingga terus berupaya mengajukan proposal ke pemerintah pusat melalui kementerian kelautan dan perikanan.“ Tahun 2020, kami sudah samaikan 19 usulan sarana dan prasarana pengolahan produk ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan BS, Novianto S Sos MSi.

Novianto mengatakan, proposal yang disampaikan tersebut diantaranya permohonan bantuan alat pengolahan ikan, pengolahan abon, juga permohonan bantuan mobil pendingin. Sehingga ke depan, nelayan tidak hanya menjual ikan hasil tangkapan saja. Namun bisa menghasilkan produk, sehingga memiliki nilai tambah.

“ Semoga saja usulan bisa disetujui pusat, agar ikan hasil tangkapan petani bisa diolah, dengan begitu harganya bisa meningkat,” ujar Novianto.

Dijelaskan Novianto untuk tahun ini, pihaknya sudah banyak menyalurkan bantuan kepada nelayan diantaranya alat pendeteksi ikan, kemudian baru-baru ini frezzer sebanyak 3 unit. Sehingga diharapakan ke depan perekonomian nelayan di BS semakin meningkat.“ Kita akan terus berupaya agar dana pusat terus mengalir ke BS,sehingga perekonomian nelayan terus membaik,” harap Novianto. (369)