Usulkan Kades Umrah Gratis

Ist/BE
Asisten I Setdakab RL dan Plt Kepala Dinas PMD Rejang Lebong berfoto dengan dua Kades yang meraih penghargaan nasional. Sebagai bentuka apresiasi kedua Kades berprestasi tersebut diusulkan untuk mendapatkan program umrah gratis.

CURUP, bengkuluekspress.com – Atas keberhasilan Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu dan Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang meraih juara nasional program inovasi desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengusulkan dua Kades dari desa tersebut untuk mendapat program umrah gratis.

“Untuk dua desa yang meraih penghargaan nasional kemarin, akan kita usulkan untuk mendapat program umrah gratis dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 mendatang,” sampai Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Achmed Chalid ST.

Hanya saja menurut Achmed, dalam pengusulan mendapatkan umrah gratis tersebut, Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong sifatnya hanya mengusulkan saja, sedangkan keputusan apakah kedua desa atau Kadesnya akan mendapat program tersebut ada di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Namun menurut Achmed, melihat dari sejumlah peserta umrah gratis tersebut ada yang karena berhasil menjuarai nasional maka kemungkinan besar kedua desa tersebut akan mendapat kuota umrah gratis pada 2020 mendatang. “Mudah-mudahan bisa diakomodir sehingga, kedua Kades tersebut bisa menunaikan umrah gratis,” sampainya.

Disisi lain, Achmed juga mengungkapkan dengan diberangkatkannya kedua Kades tersebut dalam program umrah gratis, diharapkan bisa memotivasi kades lain di Kabupaten Rejang Lebong mengelola dana desa dengan baik sehingga bisa meraih penghargaan nasional sehingga mereka bisa mendapatkan program umrah gratis juga ditahun selanjutnya.

“Keberhasilan dua desa ini dalam meraih penghargaan nasional diharapkan bisa memotivasi desa-desa lainnya untuk berinovasi dan bisa meraih penghargaan nasional, kedua desa tersebut membuktikan bahwa kita di Rejang Lebong bisa meraih penghargaan nasional,” terang Achmed.

Untuk diketahui, dalam lomba inovasi desa tahun 2019 yang dilaksanakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Desa Purwodadi meraih terbaik II nasional kategori embung inovatif program inovasi desa tahun 2019 sedangkan Desa Sumber Urip meraih penghargaan terbaik III nasional kategori BUMDes Inovatif program inovasi desa tahun 2019.(251)