Usulkan DAK Rp 100 Miliar

TAIS,Bengkulu Ekspress – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma, mengusulkan anggaran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 100 miliar. Usulan anggaran ini disampaikan ke Kementerian PUPR untuk 2020 mendatang sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas PUPR Seluma Syaifullah ST mengatakan, usulan DAK 2020 tersebut, sudah disampaikan ke kementrian. Lengkap dengan proposal, serta dokumentasi wilayah yang diusulkan untuk dibangun pada 2020. “Usulan sudah kami sampaikan ke kementrian. Kemudian, saat ini sedang dibahas di kementrian. Kami tetap berharap agar semua usulan bisa disetujui sehingga banyak link jalan maupun jembatan yang bisa dibangun,” sampainya.

Kepala Dinas PUPR mengatakan, usulan sebesar Rp 100 miliar tersebut terbagi dalam beberapa paket pekerjaan dibidang yang ada. Yakni 17 paket dibidang Bina Marga, kemudian 8 paket di bidang Cipta Karya, serta 7 paket dibidang pengairan.



“Usulan pekerjaan, serta anggaran tersebut sudah berdasarkan hasil survei ke lapangan. Termasuk usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat, tetapi nanti saat pembahasan masih akan dibahas lagi,” tegasnya.

Kemudian, setelah mengusulkan DAK sebesar Rp 100 miliar tahun 2020 mendatang. Dinas PUPR juga sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 2,9 miliar. Anggaran ini diusulkan dalam RAPBDP yang saat ini sedang dibahas. Karena, untuk pekerjaan DAK tahun 2020 perencanaan harus sudah selesai dan matang di tahun 2019 ini. Itulah sebabnya harus dianggarkan anggaran perencanaan kegiatannya.

“Jadi pada 2020, setelah anggaran turu dari Pemerintah RI tinggal pelaksanaan lelang perencanaan saja. Bukan lagi penyusunan perencanaan. Karena perencaan sudah kami kerjakan diakhir 2019 ini,” sampainya.

Kepala Dinas PUPR menegaskan, jika perencanaan dilaksanakan di tahun berjalan, maka dikhawatirkan pekerjaan tidak akan selesai. Serta waktu tidak mencukupi.”Itulah setiap pekerjaan harus dituntaskan perencanaannya satu tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk DAK tahun 2019 ini Dinas PUPR hanya mendapatkan sebesar Rp 46 miliat dari dari Kementrian PUPR. Saat ini pekerjaan fisik masih berjala dan sebagian masih ada yang dilakukan pekerjaan. Seperti jalan Pasar Seluma ke Pasar Tais sebesar Rp 13 miliar. Kemudian jalan dari Simpang Enam ke Komplek Rumah Dinas. Serta beberapa pekerjaan lainnya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*