Usulan Replanting Sawit di BS 1000 Hektar

Ir Silustero MM

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS), Ir Silustero MM mengatakan minat petani kelapa sawit untuk mengikuti program replanting atau peremajaan sawit tahun 2021 sangat tinggi. Jauh melebihi yang ikut tahun 2019 dan 2020 lalu.

“Usulan petani sawit yang mau ikut replanting tahun inj sudah 1000 hektar,” katanya.

Dikatakan Silustero, jika pada tahun 2019 lalu, kebun kelapa sawit warga yang direplanting sebanyak 330 hektar. Kemudian tahun 2020 sebanyak 314 hektar. Sehingga totalnya 644 hektar. Jumlah tesebut lebih rendah dari target seluas 1500 hektar atau hanya sebanyak 20 persen dari target. Rendahnya minat warga untuk ikut program replanting saat itu diduga warga belum memahami bagaimana keunggulan replanting. Mereka masih khawatir kelapa sawitnya tidak akan produktif. Namun saat ini minat warga sangat banyak.

“Sepertinya saat ini warga baru sadar dengan replanting dapat meningkatkan produksi saat panen,” ujarnya.

Sebab, sambung Silus, sawit yang akan ikut program replanting yakni sawit yang sudah tua dan tidak produktif lagi atau sawit asalan. Sehingga petani akan bantu modal untuk peremajaan sawit yang tidak produktif tersebut. Sehingga nantinya hasilnya lebih maksimal. Sebab para petani akan diberikan bibit yang berkualitas.

”Mudah-mudahan dengan program replanting ini, ke depan petani sawit di BS makin sejahtera,” harap Silustero. (369)