Usulan PJU Tahun Keempat

PJU

MUKOMUKO, BE – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kepala Bidang ESDM, Bachtiar Syofian menyampaikan, terkait permintaan warga untuk dilakukan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di dalam Kota Mukomuko, akan diakomodir. Hanya saja, pihaknya telah beberapa kali mengusulkan anggaran  pemasangan PJU kepada Pemerintah Pusat. Bahkan, pengusulan tahun ini merupakan tahun yang ke empat.
“Usulan anggaran untuk PJU  sudah tahun ke empat. Direalisasikan atau belum untuk tahun 2016 ini, pihaknya belum mengetahui lebih jauh,  namun diharapankan  disetujui,” katanya.
Anggaran PJU yang diusulkan itu sebesar Rp 7,3 miliar dengan rencana pemasangan PJU mulai dari depan Kantor Kecamatan Kota Mukomuko menuju depan Kantor PLN baru, tepatnya jalan dua jalur. Kemudian dari simpang Komplek Pemda, Kantor Polres menuju RSUD Mukomuko.
“Kita usulkan untuk PJU  dengan tenaga surya, karena PT PLN belum  mampu  untuk menerangi pusat kota  di daerah ini, yang jelas pihaknya sudah mengusulkan berdasarkan perencanaan yang sudah matang dan dinilai prioritas dalam skala tingkat kabupaten,” demikian Syofi.
Sebelumnya,  masyarakat kota Mukomuko mengharapkan supaya Pemerintah Daerah melakukan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU), akan tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan dari Pemerintah setempat. Padahal, PJU sangat penting dan harus diprioritaskan.
“Kota Mukomuko adalah pusat ibukota kabupaten, harusnya menjadi prioritas terkait PJU,” tegas warga Kota Mukomuko, Ali kepada Bengkulu Ekspress. Menurutnya, jika PJU pada tahun ini tidak  kunjung direalisasikan Pemerintah. Maka dinilai telah melakukan pembiaran Kota Mukomuko akan lebih dikenal sebagai kota yang banyak ditemukan tempat para pemuda dan pemudi untuk pacaran ditempat yang gelap. Contohnya di depan kantor kecamatan kota. Hampir setiap malam dijadikan lokasi pacaran dan lainnya.
“Awalnya hanya mengobrol saja, jika sudah dilokasi yang gelap sangat memungkinkan terjadi hal – hal negatif, termasuk di area komplek perkantoran menuju RSUD Mukomuko yang gelap,” tegasnya.(900)