Usulan Pembangunan ke Bappenas Rp 2 Triliun

TAIS,Bengkulu Ekspress – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) saat ini sedang melaksanakan perumusan pembangunan untuk tahun 2021.Melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Kepala Bappeda Seluma, Drs Supratman mengatakan, saat ini musrenbang masih dalam tahapan tingkat desa.Usulan semua program kegiatan yang disampaikan pihaknya ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencapai Rp 2 triliun.

Untuk program kerja tahun 2020 ini. Namun pemerintah pusat melalui kementrian justru hanya menggelontorkan anggaran total sebesar Rp 985 miliar saja, artinya tidak sampai 50 persen dari usulan anggaran.

“Jadi semua usulan yang ditampung saat musrenbang dilakukan finalisasi. Kemudian dicari skala prioritas yang paling mendesak dan ditambah dengan usulan masing-masing OPD. Usulan ini kami sampaikan secara online melalui aplikasi yang terhubung langsung ke Bappenas. Nanti Bappenas yang meneruskan program ke semua kementrian, tahun lalu usulan hampir Rp 2 triliun, tapi anggaran yang masuk tidak sampai setengahnya,”tegasnya.

Menurutnya, untuk usulan kegiatan yang disampaikan oleh desa adalah kegiatan pembangunan fisik skala besar.Karena untuk skala kecil, bisa dilaksanakan menggunakan DD yang diterima. Kemudian saat musrenbang tingkat kabupaten nanti yang diikuti oleh OPD. OPD diminta untuk mempersiapkan usulan dilengkapi dengan perencanaan yang matang, termasuk dokumentasi lokasi pembangunan.

“Kami tetap berharap besaran anggaran yang diterima 2021 mendatang lebih besar dari tahun ini, sehingga semua program pembangunan bisa dibiayai dan dilaksanakan,” tutupnya. (333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*