Usul Pengadaan Mobil Penyedot Tinja

Ir H Jonior Haviz MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bengkulu Selatan (BS), Ir H Jonior Haviz MAP mengatakan, saat ini banyak warga yang mengeluhkan septic tank mereka sudah penuh. Namun tidak ada mobil penyedot tinja. Sehingga dirinya berharap ke depan ada pengadaan mobil penyedot tinja.

“Kita sudah usulan, agar ke depan ada anggaran untuk pembelian mobil penyedot tinja,” katanya.

Dikatakan Jonior Haviz, dengan mobil penyedot tinja, maka pihaknya akan membangun Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPTL). Adapun lokasinya sudah dipersiapkan lahanya di sekitar TPA Padang Gilang, Kota Manna. Dengan begitu, ketika ada septic tank warga yang sudah penuh seperti di rutan kelas IIB Manna BS yang terpaksa membuang limbahnya ke selokan lantaran tidak ada mobil penyedot tinja.

“Dengan adanya mobil penyedot tinja, maka ke depan keluhan warga atas septic tank nya yang penuh bisa diatasi,” ujarnya.

Dijelaskan Jonior, saat ini pihaknya terus berupaya agar pengadaan mobil penyedot tinja bisa terealisasi. Pihaknya selain mengusulkannya melalui dana APBD BS juga mengajukan usulan proposal ke pemerintah pusat. Sehingga ketika ada warga membutuhkan layanan jasa sedot tinja, dapat datang langsung ke kantor DLHK atau menghubungi petugas.

“Mudah-mudahan nanti usulan kita bisa terealisasi, agar ke depan BS memiliki mobil penyedot tinja,”harap Jonior Haviz. (369)