Usul Pasar Buah di Pantai Panjang

Foto: IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menjamurnya pedagang buah musiman seperti durian yang berjualan di depan Stadion Semarak Sawah Lebar Kota Bengkulu sangat merusak ketertiban dan pemandangan kota. Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu akan mengusulkan lokasi khusus atau pasar buah bagi para pedagang buah musiman tersebut. Wacana tersebut pun langsung disampaikan Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu, Hermansyah kepada BE.

“Ya kita akan segera mengajukan usulan tersebut ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yakni kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakilnya Dedy Wahyud serta akan menyampaikan hal yang sama ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu dalam waktu dekat ini,” jelas Hermansyah, kemarin (27/1).

Ia menyebutkan, dengan disediakannya lokasi khusus pasar buah bagi pedagang musiman ini berjualan nantinya, tentu bisa lebih tertata dengan baik dan rapi. Tidak seperti sekarang ini berjualan di pinggir jalan seperti di Jalan Mahoni dan depan Gedung Balai Buntar Kota Bengkulu. “Kita berharap usulan kita ini bisa menjadi pertimbangan dari Pak Walikota Bengkulu kita, karena tujuan didirikannya pasar khusus buah ini tidak lain agar Kota Bengkulu jadi lebi rapi dan tidak ada pedagang yang berjualan serta membentang terpal sembarangan seperti sekarang ini,” bebernya.

Hermanysah mengatakan, jika usulannya tersebut diakomodir, salah satu lokasi yang tepat untuk dijadikan pasar khusus buah-buahan terutama pedagang musiman yakni di kawasan Pantai Panjang. “Nanti kita usulkan di kawasan Pantai Panjang, tetapi ini baru usulan kita saja, kita tidak tahu apakah nanti dikabulkan atau tidak. Yang jelas sekarang ini kita masih terus melakukan himbauan dan penertiban terhadap para pedagang yang berjualan tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terkait konsep dan sistem bagaimana pedagang musiman tersebut berjualan jika pasar khusus buah ini diakomodir tentunya menjadi wewenang dari Dinas Perindag Kota Bengkulu terkait pungutan retribusinya. “Terkait hal itu memang masih membutuhkan rapat secara bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, ini baru usulan dan wacana kita saja yang akan kita sampaikan ke Walikota,” pungkasnya. (529)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*