Usul Bantuan Kube dan Rehab Rumah

Diah Winarsih SHKOTA MANNA, BENGKULU EKSPRESS – Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan (BS) terus berusaha membantu warga BS agar mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Tahun 2018, Dinsos BS kembali mengusulkan ke kementerian sosial (Kemensos) agar menggelontorkan bantuan dana untuk kelompok usaha bersama (Kube) dan bedah rumah. “ Tahun 2018, kami kembali mengusulkan banuan Kube dan rehab rumah ke kemensos,” kata Kepala Dinsos BS, Diah Winarsih SH.

Menurut Mbak Win sapaan akrab kadinsos BS ini, jika tahun ini hanya 20 Kube yang mendapat bantuan dana yakni 10 Kube perkotaan dan 10 kube pedesaan. Masing-masing kube mendapat bantuan modal Rp 20 juta. Maka tahun 2018, pihaknya mengusulkan 82 kube. Hal itu dimaksudkan agar pemilik kube bisa mendapatkan dana untuk pengembangan usahanya.“ Harapan kami dengan adanya bantuan bagi Kube, usaha mereka bisa berkembang dan semakin maju,” ujarnya.

Begitu juga dengan bedah rumah, jika tahun ini hanya 5 unit rumah warga yang bisa dibedah atau direhab oleh dinsos BS. Tahun 2018, pihaknya mengusulkan 15 rumah warga untuk direhab. Sehingga ke depan semakin banyak warga miskin bisa memiliki rumah layak huni. “ Mohon do’anya agar ke depan usulan dikabulkan kemensos, sehingga makin banyak warga BS yang sejahtera dan jumlah warga miskin pun juga bisa berkurang,” harap Mbak Win. (369)