Usul 65 GGD

TAIS,Bengkulu Ekpress – Keberadaan guru garis depan (GGD) dianggap sangat membantu proses pendidikan di Kabupaten Seluma. Setelah pengangkatan sebanyak 46 orang guru garis depan (GGD) berjalan lancar pada 2017, pada 2018 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma kembali mengusulkan sebanyak 65 orang GGD ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Usulannya sudah disampaikan ke kementerian, semoga saja segera disetujui,” Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Muksir SPd kepada BE.

Untuk GGD yang diangkat 2017, sebentar lagi mengikuti prajabatan dan diangkat 100 persen penuh. Kemudian mereka juga sudah ditempatkan di daerah terpencil di wilayah Kabupaten Seluma. Karena memang tujuan pengangkatan GGD ini untuk memberikan pendidikan di daerah terpencil. Kemudian mereka juga harus berdomisili di wilayah tempat kerjanya.

“Seleksi GGD tetap oleh pemerintah pusat, serta di seleksi dan di pilih baru ditugaskan di Kabupaten Seluma,” tegas Muksir.

GGD seleksinya diselenggarakan Kemdikbud. Kemudian pesertanya boleh darimana saja. Termasuk dari Kabupaten Seluma sendiri. Dispendik Seluma tidak terlibat dalam proses perekrutannya. Dispendik Seluma hanya menerima penempatan mereka setelah diangkat Kemdikbud.

“Setelah diangkat, kemudian barulah diproses oleh daerah, serta digaji oleh daerah. mereka ini untuk guru kelas dan guru mata pelajaran tingkat SD dan SMP di wilayah pedalaman,” pungkasnya. (333)