Usai Taraweh Satpol PP Amankan Ternak

IRUL/Bengkulu Ekspress AMANKAN: Anggota Satpol PP saat mengamankan seekor sapi yang berkeliaran di wilayah Kota Bituhan, Sabtu (19/5) malam.

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Melihat ternak ditangkap Satpol PP lantaran berkeliaran ditempat umum, mungkin hal yang biasa. Namun bagaimana jika Satpol PP menggelar razia malam hari. Pemandangan ini dapat disaksikan sejak dua malam terakhir saat bulan Ramadan di Kabupaten Kaur.

“Sudah dua malam ini kita menggelar operasi razia ternak di malam hari, ini salah satu bukti kita tetap melakukan operasi meski di bulan Ramadan,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kaur, Jonharimol SSos melalui Kabid Trantib, Sulaiman Efend SE kemarin (19/5).

Dikatakan Sulaiman, operasi razia itu digelar di dua kecamatan yakni dalam Kota Bintuhan dan Kecamatan Tetap. Dalam operasi yang digelar usia taraweh Sabtu (18/5) mengamankan tiga ternak warga yang berkeliaran disaat malam hari. Menurut Sulaiman sebagaimana warga ada yang terkesan sengaja melepas ternaknya malam hari, namun ini tentu lebih membahayakan pengguna jalan raya.



“Ini selain membahayakan pengguna jalan, juga berbahaya untuk ternak sendiri, sebagain kasus pencurian ternak terjadi di luar kandang,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam operasi yang digelar usai Taraweh hingga pukul 01.00 WIB. Ada tiga ekor ternak yang diamankan yakni sapi satu ekor dan sisanya kambing. Dia mengaku tak henti hentinya mengingatkan masyarakat untuk menyandang ternak, selain mengurangi angka kecelakaan juga tentunya menyelamatkan pemilik ternak dari kasus pencurian.

Sebab tak jarang ditemukan ternak disembelih dipinggir jalan oleh pelaku yang tak diketahui pemilik ternaknya sendiri.‚ÄúDengan mengandang ternak juga dapat mengurangi tingkat aksi pencurian ternak. Setidaknya membuat pelaku berpikir untuk mencuri ternak bila sudah dalam kandang,” tandasnya. (618)