Usai Tahap II Selesai, Giliran Pedagang Pasar Bakal Divaksin

FOTO IMAN/ BE – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Kesehatan Kota Bengkulu juga berencana akan melakukan penyuntikan vaksinasi terhadap pelaku ekonomi, termasuk pedagang pasar. Hal tersebut akan dilakukan setelah tahap II ini usai dan vaksin sudah diterima dari pemerintah pusat. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota, Susilawaty, Jumat (26/03)

“Setelah tahap kedua ini selesai, eh kemudian vaksinnya datang kita ke pelaku ekonomi tentunya termasuk pasar. Nanti Semuanya untuk pedagang. Mekanisme pelaksanaannya mungkin ada beberapa hari, di awal kita pendataan dulu, kita masukkan datanya ke aplikasi kemudian hari keesokannya baru mulai penyuntikan. Hal tersebut dilakukan agar saudara-saudara kita yang berjualan di pasar tidak mengurangi jam dia bekerja. Artinya jangan sampai waktu dia untuk mencari uang habis ya untuk melakukan vaksinasi ini,” jelas Susilawaty.

Ia menambahkan, vaksinasi terhadap pedagang pasar diperlukan karena aktifitas di pasar sangat tinggi serta sangat berpotensi menjadi penyebaran Covid-19. Jika seluruh pedagang divaksin, maka kekebalan di tingkat pedagang pasar dapat terbentuk dan dapat menekan angka penularan Covid-19 di klaster pasar.

Sejauh ini, proses vaksinasi di Kota Bengkulu berjalan lancar dan dari segi jumlah vial vaksin yang didistribusikan juga mencukupi. Penyuntikan vaksinasi dilakukan bertahap hingga nantinya menyesar lapisan masyarakat dari atas hingga bawah. Masyarakat juga diimbau untuk tak takut divaksin karena proses vaksinasi dijamin aman dan halal yang juga sudah dicontohkan penyuntikannya oleh pejabat daerah maupun presiden. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*