Usaha Ternak Mulai Diminati

Doni/Bengkulu Ekspress
KONTES TERNAK: Sapi hasil peternakan Poktan binaan Dinas Pertanian yang dipamerkan dalam gelaran kontes ternak dalam rangka festival bukit dan lembah Kabupaten Kepahiang 2018.

KABAWETAN, Bengkulu Ekspress – Pembuatan kawasan sentra peternakan di Kecamatan Kabawetan dan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat. Pasalnya, program yang dibuat pemerintah sejak beberapa tahun terakhir membuat masyarakat memiliki pilihan lainnya dalam menjalankan usaha.

Kadis Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP mengatakan, jika saat ini adanya warga yang sebelum berprofesi petani beralih menjadi peternak. Bahkan anak-anak muda juga mulai menekuni usaha peternakan agar mendapatkan penghasilan lebih maksimal.

“Ya, ada yang beralih profesi jadi peternak, kita selalu komitmen untuk pengadaan bibit kepada kelompok tani (Poktan), jadi mereka tidak kebingunan untuk bibit ataupun indukan,” tegas Hernawan.



Ia menjelaskan, jika penghasilan peternak bisa lebih baik karena peminat sapi dan kambing selalu ramai. Bukan hanya untuk hari-hari besar semata, konsumsi daging juga cukup tinggi setiap harinya.

“Saat ini total di kabupaten Kepahiang ada 65 poktan yang menekuni ternak. Delapan diantaranya merupakan poktan binaan Dinas Pertanian,” tuturnya.

Total populasi sapi saat ini ada di Kabupaten Kepahiang mencapai 3200 ekor yang memenuhi kebutuhan daging dikawasan pasar Kepahiang dan sekitaranya. Bahkan Poktan peternakan Kepahiang sudah merambah keluar daerah dengan total lebih dari 400 ekor dalam setahun dikirim keluar kota. “Kalau lebaran haji saja sudah tidak bisa mencari seekor saja, sebab warga pilih jual ke luar daerah,” sebut Hernawan. (320)