Usaha Sampingan Beromset Jutaan

Kisah Sukses Pengusaha Tahu

Puluhan tahun produksi tahuWARDINI (60) Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya yang merupakan pengusaha tahu di desa tersebut yang cukup sukses.

Saat ini usaha yang dirintis sejak tahun 1978 telah menghasilkan omset jutaan rupiah. Bahkan saat ini ia memiliki 8 orang karyawan.

Bagaimana kisahnya.

                                                                                                                                                             

MARTI RETU KODBINANSI,
Padang Jaya 

                                                                                                                                                                

Hasil yang tak seberapa namun usaha keras itulah yang patut dicontoh dari Waridini. Wanita yang sudah berumur ini merupakan pengusaha tahu yang cukup dikenal luas di daerahnya. Pasalnya tahu produksinya tidak hanya dipasarkan di daerahnya saja. Bahkan sudah dipasarkan hingga ke Kabupaten Lebong. Setiap harinya, minimal 100 Kg tahu dipasarkannya. “Awalnya hanya usaha sampingan. Bahkan saya pernah jatuh dalam membangun usaha ini,” kata Wardini.

Berkat keuletan yang dilakukannya, usaha tahu yang dibangunnya sejak puluhan tahun silam itu memberikan hasil. Bahkan saat ini sudah mampu membangun pabrik kecil-kecilan yang mempekerjakan karyawan. “Dulu hasil jual tahu tidak seberapa. Saat ini hasilnya cukup lumayan dan bisa dijadikan sumber pendapatan,” paparnya.

Dari hasil memproduksi dan berjualan tahu, Wardini mengakui sudah banyak yang didapatkan. Rumah papan miliknya saat ini sudah dibangun cukup megah. Selain itu anak-anaknya sudah menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Mengenai kendala, keluhan pengusaha tahu berkaitan denga bahan baku. Harga Kedelai yang tidak menentu dan cenderung mengalami kenaikan menjadi persoalan utama. Bahkan akibat hal itu, beberapa pengusaha tahu harus gulung tikar. “Sejauh ini usaha yang dibangun bersama suami masih tetap produksi. Harapan saya usaha ini bisa dilanjutkan anak nantinya,” tukasnya. (**)