Usai Studi Banding, Kades se-Uram Jaya Bentuk Poktan

URAM JAYA,BE –  Kepala Desa se-Kecamatan Uram Jaya telah melaksanakan studi banding ke Kecamatan Tugu Mulyo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Studi banding dilaksanakan pada November 2012 lalu. Sebagai tindaklanjutnya, Januari 2013 mendatang Kecamatan Uram Jaya berencana membentuk Kelompok Tani Ikan di setiap desanya. Tujuannya mempermudah pembinaan para petani, sehingga  Poktan Ikan dan Koperasi terorganisir.
Camat Kecamatan Uram Jaya, Jafri SSos kepada wartawan mengatakan selama ini budidaya ikan masih dilakukan perorangan. Dampaknya hasil ikannya tidak bisa terukur. Selain itu harga ikan pun tidak bisa dikendalikan saat panen. “Nah biasanya saat panen harga ikan otomatis turun, sehingga para petani mengalami kerugian. Selain itu, ada juga kendala eringnya ikan terserang penyakit. Akibat petani kurang mengerti cara budidaya ikan yang benar,” katanya.
Keberadaan Poktan Ikan dan Koperasi, dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian terjadi peningkatan ekonomi masyarakat di Desa tersebut. Setidaknya untuk pemasaran dimulai dari masyarakat di Lebong sendiri. Jika 1 orang mengkonsumsi 1 kg perbulan, sementara penduduk misalnya ada 3 ribu orang. Artinya setiap bulan seebanyak 3 ton ikan hasil budidaya kelompok tani ikan terjual.(**)