UPTD Pasar Panorama Terbitkan Kartu Pedagang

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sulitnya mengatur jumlah pedagang di Pasar Panorama membuat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) harus menerbitkan kartu pedagang. Hal ini sebagai langkah untuk bisa lebih menata sesuai dengan data yang ada di kartu tersebut.

Dijelaskan Kepala UPTD Pasar Panorama, Ronnie Bambang, kartu ini untuk menertibkan pedagang yang belum memiliki kios/auning tetapi setiap hari berjualan di pasar. “Kalau misalnya mereka tidak berjualan sehari saja bisa saja nanti lokasi mereka itu ditunggu orang lain. Jadi dengan adanya kartu pedagang berarti mereka itu memang pedagang yang berhak menempati pelataran itu, jadi tidak sembarang orang,” ujar Ronnie kepada BE, kemarin (21/6).

Menurutnya, dengan adanya kartu identitas pedagang ini maka UPTD bisa mendata jumlah secara kongkrit, tanpa ada tumpang tindih atau salah data pemilik kios/auning tersebut. “Jumlah kuota yang bisa ditampung pasar panorama saat ini, untuk pedagang kios mencapai 500 pedagang. Kemudian Auning mencapai 1500 auning. Kemudian PKL kita usahakan bisa menampung 1000 PKL,” jelasnya.

Dengan demikian, dia berharap tidak ada lagi pedagang yang berjualan di badan jalan, apalagi pemerintah kota sudah merencanakan untuk membangun auning baru di belakang pos polisi pasar panorama yang bisa menampung hingga 800 pedagang.

“Jadi PKL yang sekarang ini masih berjualan di badan jalan, nanti bisa kita masukkan ke auning yang akan dibangun dan diberi kartu pedagang,” pungkasnya. (805)