UPP Gratiskan Uang Kuliah 100%

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat khususnya masyarakat Rejang Lebong untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, Universitas Pat Petulai (UPP) yang izinnya alih status dari STIPER Rejang Lebong baru keluar akan memberikan peluang kuliah gratis. Ketua Yayasan Pat Petulai, H RA Denni SH MM mengungkapkan, program kuliah gratis yang ditawarkan UPP tersebut bukan hanya sebatas gratis uang SPP saja, namun gratis secara keseluruhan mulai dari uang pendaftaran hingga uang kuliah.

“Awalnya kita hanya ingin menggratiskan SPP saja, namun setelah rapat dengan yayasan dan universitas, kemudian saran bupati untuk digratiskan seluruhnya pada tahun pertama ini,” sampai RA Denni yang merupakan Sekda Kabupaten Rejang Lebong saat dikonfirmasi Rabu (21/8) kemarin.

Dengan digratiskannya semua biaya kuliah di UPP tersebut, maka menurut Sekda siapa saja yang ingin kuliah di UPP cukup membawa syarat administrasi saja yaitu berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan seperti ijazah dan lainnya, sedangkan untuk biaya tidak dipungut sama sekali.

Program kuliah gratis 100 persen di UPP tersebut, menurut Sekda tidak hanya berlaku untuk masyarakat Rejang Lebong saja namun berlaku kepada siapa saja yang ingin kuliah di UPP baik dari luar Rejang Lebong bahkan luar Provinsi Bengkulu sekalipun.”Program kuliah gratis 100 persen ini bukan hanya untuk warga Rejang Lebong saja, namun siapa saja yang mau kuliah di UPP,” sampai Sekda.



 

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan, meskipun program kuliah gratis 100 persen hanya berlaku untuk satu tahun, namun kedepannya pihak Universitas Pat Petulai akan menyiapkan beasiswa lanjutan sehingga mahasiswa UPP nanti bisa tetap menikmati program kuliah gratis tersebut.

Salah satu beasiswa yang akan disiapkan oleh pihak UPP yaitu bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk menyediakan beasiswa program bidik misi. Dimana menurut Sekda, dalam program beasiswa bidik misi ini, selain para mahasiswa digratiskan biaya kuliah, juga akan diberi uang saku sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya. Hanya saja menurut Sekda, untuk beasiswa program bidik misi ini tidak untuk semua mahasiswa namun untuk mahasiswa yang berprestasi saja, sehingga menurut Sekda nantinya akan ada kompetisi antara mahasiswa untuk berprestasi dan mendapatkan program bidik misi.

“Oleh karena itu, bagi yang ingin kuliah namun terkendala dengan biaya silahkan daftar ke UPP dan akan digratiskan 100 persen dan program ini tidak terbatas yaitu untuk siapa saja yang mau kuliah di UPP,” tegas Sekda.

Terkait dengan pembukaan pendaftaran sendiri, menurut Sekda saat ini sudah mulai dibuka. Pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di UPP tersebut akan terus dibuka hingga dimulainya perkuliahan pada September mendatang. Hingga saat ini Sekda mengaku sejumlah calon mahasiswa UPP sudah mulai melakukan pendaftaran, salah satu jurusan yang banyak diminati pendaftar adalah jurusan ilmu komputer. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*