Upayakan Tambahan Bantuan Bibit Bawang

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pada 2019 ini, setidaknya kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Kepahiang, mendapatkan bantuan bibit bawang merah dan bibit bawang putih. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang, saat ini kembali berusaha untuk mendapakan bantuan tambahan pada 2020 medatang.

Kepala Dinas Petanian Kabupaten Kepahiang Hernawan SPKP melalui Kabid Hortikultura Budi SP menuturkan, bantuan bibit bantuan tesebut saat ini masih di tahapan porses lelang di tingkat provinsi.

“Kalau yang tahun ini sudah ditahapan proses pelelangan, untuk tahun depan kita saat ini masih berupaya untuk kembali mendapatkan bantuan serupa,” ungkap Budi.

Sebab, lanjutnya, bawang merah dan bawang putih merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Kepahiang. Jadi tak sedikit Poktan yang ada di Kabupaten Kepahiang, berminat mengembangkan tanaman berjenis umbi tersebut.



 

“Kalau tahun ini untuk bawang merah total bantuan dalam bentuk luasan ada 25 Ha, sedangkan bawang putih 75 Ha. Kita barharap untuk bawang merah di tahun mendatang kita bisa mendapatkan tambahan bantuan bibit bawang merah dengan luasan mencapai 50 ha,” harapnya.

Tak hanya itu saja, menurut Budi, tingginya minat para petani di Kabupaten Kepahiang, mengembangkan dan membudidayakan bawang tersebut bukan tanpa alasan. Beberapa faktot diantaranya, harga jual dari bawang itu sendiri cukup menjanjikan bagi para petani.

Waktu masa panen pun bawang ini hanya membutuhkan waktu 2 sampa dengan 3 bulan sudah panen. Kemudian, dari harga di petani rata rata untuk bawang kering diangka 20 ribu keatas. Kaitan dengan pemasaran pun, Lanjut Budi, para petani tidak lagi kesusahan untuk mencari konsumen di pasaran.

Dengan alasan iniah banyak petani di Kabupaten Kepahiang, berminat membudidayakan tanaman tersebut. “Untuk penanamannnya pun tidak harus 1 lahan satu tanaman bawang saja. Jadi bisa ditumpang sarikan dengan tanaman lain seperti halnya cabai merah,” pungkasnya. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*