Upayakan Peningkatan Tipe OPD

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mengupayakan peningkatan tipe Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajarannya tahun ini. Jika saat ini OPD C akan ditingkatkan ke B dan tipe B akan dijadikan tipe A sehingga nilai atau grade masing-masing OPD semakin meningkat.
Peningkatan tipe OPD diakui Kepala Bagian Organisasi dan Tata Letak (Ortala) Setdakab Kepahiang Julian Muda Parsah, SST. Bila analisa peningkatan nilai atau grade OPD sudah dilakukan, sehingga semua OPD yang ada dipastikan bisa menaikan tipe lembaganya.

“Kalau analisa semua OPD sudah memenuhi syarat. Nilai skoringnya sudah memenuhi, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan skoringya 891 poin harusnya sudah tipe A tetapi sekarang masih tipe B,” ungkap Julian.

Menurutnya peningkatan tipe OPD akan meningkatkan anggaran yang didadapat masing-masing lembaga, serta bisa meningkatkan peluang anggaran tambahan melalui APBN. “Kalau tipe sudah meningkat tentunya peluang untuk sumber anggaran lainnya dipusat semakin besar, akan banyak peluang-peluang untuk mendapatkan dana pembangunan,” tuturnya.

Ada 12 OPD sudah seharusnya meningkatkan tipe, diantaranya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Badan Kepegawaian Pemberdayaan Semberdaya Manusia (BKPSDM) dan Dinas Pekerjaan Umum. Kemudian Dinsos PMD, DPMPPKB dan PPA, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Komuniakasi Informasi (Diskominfo), DPMPTSP serta Dinas Perindustrian Tenaga Kerja. “Usulan untuk peningkatan tipe masing-masing OPD sudah diajukan,” katanya.

Menurutnya peningkatan OPD sangat bergantung dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) serta Suber Daya Manusia (SMD). “Jika orang-orang yang akan ditempat tidak memenuhi syarat akan sulit juga sebab peningkatan tipe juga harus ada orangnya untuk menjabat. Kalau belum ada orang tentunya tak juga bisa,” ucap Julian. (320)