Upah Lipat Susu Rp 150 per Lembar

BengkuluBENTENG, Bengkulu Ekspress – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera melakukan pelipatan terhadap surat suara (susu) yang sudah di Bengkulu Tengah 3 hari lalu.

Ketua KPU Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST menjelaskan, untuk pempercepat pelipatan susu, pihaknya akan melibatkan masyarakat umum sebagai tenaga kerja.

Sebab, pelipatan susu sebanyak 82.466 lebar tersebut diyakini akan membutuhkan waktu yang lama jika hanya dikerjakan oleh staf KPU. Surat suara yang telah dicetak itu meliputi surat suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT), surat suara cadangan (2,5 persen dari DPT) hingga surat suara pemilihan ulang sebanyak 2 ribu lembar.

“Agar proses pelipatan surat suara lebih cepat, kita akan mengajak tetangga terdekat. Belum diketahui besaran upah yang akan dibayarkan, paling tidak sebesar Rp 150 per lembar. Untuk jelasnya, nanti akan kita bahas lagi,” kata Asmara.

Dijelaskan Asmara, surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Benteng nantinya akan diatur menjadi 3 lipatan. Diprediksi, pelipatan 1 lembar surat suara akan membutuhkan waktu selama 8 detik.

“Sesuai rencana, proses pelipatan surat suara mulai dilakukan pada hari Selasa (24/1) besok. Dengan bantuan dari warga setempat, pelipatan suara akan kami lakukan pada siang hari saja,” tambahnya.

Masih kata dia, selain susu, pihaknya juga mempersiapkan logistik lain yang nantinya akan didistribusikan secara serentak, seperti kotak suara, bilik suara, alat coblos, bantalan coblos, tinta dan logistik lainnya.

“Kami harapkan seluruh logistik sudah didistribusikan ke seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) KPPS pada tanggal 8 Februari 2017 mendatang,” jelas Asmara.

Memastikan agar pendistribusian berjalan sesuai rencana, pihaknya telah menyurati seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyampaikan gambaran tentang jarak dan lokasi masing-masing KPPS.

Sebab, seluruh logistik pilkada sudah harus tiba di KPPS paling lambat tanggal 14 Februari 2017 atau H-1 pencoblosan.

“Untuk pendistribusian logistik, kita akan prioritaskan TPS yang sulit dijangkau. Berpedoman dengan pilkada sebelumnya, ada sebanyak 30 TPS sulit dijangkau di Kabupaten Benteng,” demikian Asmara.(135)