Upacara HUT RI Secara Virtual Dibatalkan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Rencana Pemerintah Kota Bengkulu untuk menggelar upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 secara virtual untuk menghindari penularan Covid-19, dibatalkan. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu akan mengkoordinir pelaksanaan upacara di lapangan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Namun jumlah peserta dibatasi.

“Ya kita ikuti edaran Kemenpora dan Mensesneg diperbolehkannya pelaksanaan upacara HUT RI ke-75. Tapi hanya boleh dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dan mematuhi protokoler kesehatan,” ujar Kadispora Kota Bengkulu, Herman SSos, kemarin (22/7).

Pelaksanaan upacara akan dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Bengkulu, dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah saja.

“Saat ini kita sedang atur siapa-siapa saja yang hadir, yang jelas setiap barisan akan ada jarak, dan wajib pakai masker,” terangnya.

Disisi lain, ia juga mengungkapkan, meski upacara tetap di lapangan namun seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun ini ditiadakan. Hal ini dikarenakan pandemi covid-19 sejak Maret lalu, sehingga menghentikan seluruh kegiatan dan mentiadakan seleksi paskibra.

“Rencana awal upacara inikan digelar virtual sehingga seleksi paskib ditiadakan. Tapi karena pusat baru mengeluarkan edaran, maka seleksi tidak sempat lagi, harusnya dipersiapkan 2-3 bulan sebelumnya,” ungkap Herman.

Pihaknya akan melibatkan paskibraka angkatan tahun 2019 lalu sebanyak 8 orang yang terbagi 3 orang disaat menaikkan bendera nanti, 3 orang untuk upacara penurunan bendera dan 2 lainnya sebagai cadangan.

“Ya jadi yang ada di lapangan nanti tidak melibatkan pasukan banyak, cuma 3 orang saja sekedar untuk mengibarkan bendera,” pungkasnya. (805)