Upacara HUT Kemerdekaan RI di BU Berjalan Sukses

Bupati BU Ir H Mian menjadi Inspektur upacara

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8) di Alun-Alun Rajo Malin Paduko berjalan dengan sukses. Hal ini dilihat dari mula dari proses pengibaran dan penurunan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, tiada kendala satu apapun.

Dimana untuk diketahui bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) detik-detik proklamasi ini yakni Bupati BU Ir H Mian dan Komandan upacara, Kapten Inf Cipto Sumedi dari Kodim 0423 BU, untuk teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD BU Aliantor Harahap SE. Sedangkan untuk upacara penurunan bendera Merah Putih, bertindak sebagai Irup yakni Dandim 0423 BU Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto SSos MSi

Hadir sebagai peserta upacara Wabup Ari Septia Adinata SE MAp, Sekda BU Dr Haryadi SPd MM MSi, Kapolres BU AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, Kepala Kejari BU Fatkhuri SH, Kepala PA Nasrulloh, Kepala PN serta seluruh Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Instandi ASN, dan ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP SMA, Perguruan Tinggi di Kabupaten BU.

Bupati BU Ir H Mian ketika ditemui awak media usai pelaksana upacara tersebut, dirinya atas nama pemerintah dan masyarakat Bengkulu Utara mengucapkan selamat HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Serta bersyukur dalam proses mulai dari pengibaran hingga penurunan bendera Merah Putih berjalan dengan sukses tanpa ada satu kendala apapun, hal ini semua atas kerja keras panitia yang sudah bekerjasama dengan baik oleh semua pihak.

“Alhamdulillah, proses peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten BU berjalan dengan sukses,” kata Mian.

Mian menambahkan, peringatan HUT Kemerdekaan RI ini bukan hanya kegiatan rutinitas agenda tahunan semata, tetapi sebagai bahan renungan dan rasa syukur atas jasa para pahlawan bangsa Indonesia, bahwa apa yang telah diberikan para pahlawan bisa menjadi pemicu semangat, dalam mengisi kemerdekaan dan meneruskan cita-cita perjuangan untuk memajukan bangsa. Sesuai dengan tema Kemerdekaan tahun ini adalah SDM Unggul, Indonesia Maju.

“Untuk mewujudkan SDM Unggul untuk menuju Indonesia Maju harus ada sinkornisasi dan sinergitas dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Untuk muara awal kita sudah terus berupaya dengan melaksanakan pembangunan diberbagai bidang. Sampai detik ini banyak hal yang telah kita lakukan, seperti di bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Mian juga sangat berterima kasih kepada petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah sukses dalam melakukan proses skaral ini. Dengan tanpa adanya pelatihan dan pendidikan yang serius, hal ini tidak bisa terjadi. Maka dari itu dirinya sangat mengapresiasi para Paskibraka dengan akan memberikan reward kepada seluruh anggota Paskibraka. “Secara rutin kita tetap memberikan reward kepada Paskibraka. Untuk rewardnya sendiri telah kita serahkan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto SSos MSi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bersama – sama mengadakan upacara penurunan bendera sehingga berjalan sukses. “Kita sebagai bagian dari warga negara Indonesia telah membantu dengan ikhlas. Kita hanya berdiri memperingati saja. Ingat para pendahulu kita berjuang dengan mempertaruhkan jiwa dan raganya. Mereka berjuang dengan darah dan air mata. Sementara kita hanya sedikit berkeringat. Jadi kalau kita bandingkan dengan para pejuang belum ada apa – apanya,” ujarnya.

Selain itu Dandim juga menuturkan, bahwa pihaknya kedepan akan lebih profesional lagi dan pihaknya mendukung penuh program pemerintah, hal ini sesuai dengan pidato kenegaraan Presiden RI dimana tema HUT Kemerdekaan RI ini SDM Unggul, Indonesia Maju. ia juga berpesan untuk para kepada generasi muda untuk selalu menjaga kekompakan, hindari masalah pidana dan jangan mudah terpancing dengan hoax. “Saya selaku Dandim mengingatkan kepada generasi muda untuk tetap selalu menjaga kekompakan, hindari masalah pidana dan anti hoax, agar terwujudnya SDM unggul, Indonesia Maju,” tandasnya.(127/Prw).




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*