Universitas Pat Petulai Sukses Gelar Webinar Internasional, Sembilan Negara Ambil Bagian

ist/BE
Para peserta tengah mengikuti Webinar Internasional yang dilaksanakan UPP, Jumat (26/6). Peserta kegiatan Webinar UPP diikuti ratusan orang dari sembilan negara.

CURUP, Bengkuluekspress.com – Universitas Pat Petulai (UPP) sukses menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) berskala internasional. Kegiatan yang dilaksanakan, Jumat siang (26/6) diikuti oleh puluhan akademisi dari sembilan negara dan ribuan akademisi dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Sembilan negara yang ambil bagian dalam Webinar tersebut adalah Malaysia, Thailand, India, Mesir, Saudi Arabia, Bangladesh, Uzbekistan, Maladewa dan Indonesia.

Webinar yang mengangkat tema ” The Role of Research and Community Services in the New Normal Era” merupakan kolaborasi antara Universitas Pat Petulai dengan Lincoln University College Malaysia.

Webinar dibuka oleh Rektor UPP, Prof Dr Ir Allnopri MS dengan menampilkan empat pembicara, yaitu Prof Ocky Karna Radjasa PhD, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia/BRIN dan didaulat sebagai keynote speaker.

Kemudian pembicara selanjutnya adalah Dr Sandeep Poddar (Direktur Senior Penelitian dan Editor Executive (Publikasi) Lincoln University College, Malaysia), Prof Dr Ir Gede Rai Maya Temaja MP (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana Bali), dan Prof Dr A B M Rashedul Hassan, DBAM MCom (Wakil Rektor Exim Bank Agricultural University, Bangladesh).

Keempat pembicara pada dasarnya menyampaikan bahwa di era new normal ini kegiatan riset dan pengabdian pada masyarakat harus tetap dilaksanakan dan ditingkatkan serta diarahkan menghasilkan riset dan kegiatan pengabdian yang terkait untuk mengatasi pandemi.

Menurut Ketua Panitia Webinar, Irma Lisa Sridanthy SP MSi yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPP, webinar berlangsung selama 3 jam.

yaitu mulai pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB yang dipandu oleh Ibu Guswarni Anwar PhD sebagai moderator yang sehari-hari menjabat Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Kerja Sama Universitas Pat Petulai.

Dalam kata sambutan pembukaan webinar, Rektor UPP menjelaskan, meskipun usia UPP masih sangat muda, yaitu belum genap 1 tahun.

tapi UPP berusaha untuk turut serta berkontribusi di era new normal ini untuk melakukan kegiatan akademik melalui pembelajaran dan webinar daring.

Beliau juga mengungkapkan, rasa syukur atas apresiasi yang luar biasa dan antusias peserta dalam mengikuti webinar ini dengan dilihat langsung sebanyak 500 peserta mengikuti webinar melalui zoom meeting dan ribuan peserta mengikuti melalui akun Facebook UPP dan Youtube UPP yg melakukan Live Streaming dengan jumlah viewers lebih dari sepuluh ribu.

Rektor juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang dikoordinir oleh Irma Lisa Sridanti SP MSi dan Hefri Oftoyoki SHut MSi sebagai Ketua LPTIK UPP bersama tim dosen lainnya, tendik, dan mahasiswa UPP yang telah bekerja keras menyiapkan webinar ini dan melayani ribuan peserta.

“Hasil webinar internasional ini akan ditindaklanjuti oleh UPP dalam bentuk pembuatan nota kesepahaman kerja sama akademik (MoU) dengan universitas dari Malaysia, Bangladesh, dan Bali yang menjadi narasumber pada webinar tersebut, ” pungkas Guswarni.(rls/krn)