Universitas Bengkulu Jadwalkan Tes Swab 50 Dosen dan Pimpinan

BENGKULU, BE – Universitas Bengkulu (UNIB) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu,  menjadwalkan pelaksanaan tes swab bagi 50 dosen pengajar dan unsur pimpinan kampus terbesar di Provinsi Bengkulu ini. Tes swab dilaksanakan sebagai tindak lanjut tracing setelah adanya dosen di perguruan tinggi negeri ini dinyatakan positif setelah kontak erat dengan penderita covid-19.

Pelaksanaan swab rencananya digelar selama dua hari. Hari pertama digelar Rabu (12/8), pada sebanyak 50 orang dosen. Kemudian, dilanjutkan pada Jumat (14/8), dengan melibatkan dosen serta pimpinan UNIB.

Pelaksanaan tes swab tersebut dibenarkan Rektor Universitas Bengkulu, Prof. Dr Ridwan Nurazi
MSc melalui Kepala Biro USD, Ir. Akhmad Nezar. Menurutnya, adanya pelaksanaan tes swab massal
tersebut sebagai tindak lanjut tracing di Fakultas Tehnik (FT) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
(FEB), yang pernah kontak langsung dengan pasien positif covid-19.  Rencananya pada pelaksanaan tes swab ini UNIB menggunakan metode pooling hasil penelitian dari dosen fakultas kedokteran.

“Bukan masal, cuma dikasih untuk 50 orang per hari, guna mempercepat hasil juga menggunakan hasil pooling hasil penelitian dosen kedokteran,” ungkap

Kepala Biro Umum dan Sumberdaya (USD) UNIB Ir. Akhmad Nezar saat dihubungi BE menuturkan, pelaksanaan tes swab menerapkan sistem protokol kesehatan covid-19. Walaupun ditargetkan sehari 50 orang, yang diperbolehkan masuk ke dalam ruangan GSG hanya 25 orang dan dilakukan secara gantian.

Seperti diketahui, UNIB sudah menutup sementara aktivitas di lima fakultas. Yaitu, Fakultas ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Pertanian (FP). Seluruh karyawan di lima fakultas itu diinstruksikan bekerja dari rumah guna memutus penyebaran covid-19. Selama
para karyawan dan dosen bekerja dari rumah, petugas universitas melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di semua fasilitas ruangan.  (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*