Unived Semakin Kokoh di Bengkulu

==Foto Rektor Unived Prof Johan Setianto==

PTS Peringkat Tertinggi Versi Webrometrics dan Unirank

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan situs pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia Webometrics dan Unirank. Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu, berhasil menduduki peringkat tertinggi di Bengkulu.

Hal tersebut membuat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini semakin kokoh di Bengkulu. Bahkan pada 2019 ini, Unived berada diperingkat ke 123 jauh di atas Universitas Hazairin (UNIHAZ) pada peringkat ke 372 dan Universitas Muhammadyah Bengkulu (UMB) peringkat ke 414.

Rektor Unived, Prof Johan Setianto mengatakan, peringkat Unived versi Webometrics meningkat cukup jauh dibandingkan dengan PTS yang ada di Bengkulu. Hal ini membuktikan ketertarikan orang untuk berkuliah di Unived cukup tinggi.

“Pemeringkatan suatu Perguruan tinggi biasanya banyak mengacu pada Webometrics dan Unirank, Unived pada tahun 2018 berada posisi 273 dan tahun ini melonjak cukup jauh di posisi 123,” kata Johan, kemarin (11/2).

Tidak hanya berdasarkan versi Webometrics, situs pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia Unirank pada 2019 ini, juga menempatkan Unived berada pada peringkat ke 80. Sementara, UMB berada di peringkat ke 269 dan Unihaz pada peringkat ke 280.
“Tahun 2018 lalu kita versi Unirank berada pada peringkat ke 208, alhamdulillah tahun 2019 ini berubah dan naik pada peringkat ke 80 di Indonesia dari Ribuan PTS, karena dari 100 Perguruan Tinggi Negeri Unived mampu berada posisi ke 80,” tutur Johan.
Ketua LPPM Unived, Ir Jusuf Wahyudi mengaku, meningkatnya peringkat tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari meningkatnya kinerja penelitian dan pengabdian dosen, serta meningkatnya kualifikasi, sertifikasi, dan jabatan akademik dosen.
“Dosen Unived yang penelitiannya didanai Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) pada 2017, ada sebanyak 16 dosen, meningkat pada tahun 2018 sebanyak 30 dosen. Ini artinya Dikti percaya Unived mampu melaksanakannya. Bahkan pada 2019 ini saja sudah ada 82 usulan proposal,” ujar Jusuf.
Bahkan Jusuf mengaku, satu-satunya PTS di Bengkulu yang memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tertinggi adalah Unived. Karena dalam satu semester PTS ini mampu menciptakan sebanyak 100 HKI dari Kementerian Hukum dan Ham RI.
“HKI untuk mengukuhkan secara legal hak cipta dosen. Selama satu semester sudah ada 100 hak cipta yang berhasil didapatkan,” tutupnya.(999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*