Unihaz Wujudkan Semangat Wirausaha Masyarakat Pedesaan

KUKERTA: Rektor Unihaz Bengkulu Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si beserta tamu undangan melakukan Pemukulan dol tanda dibukanya bazar kukuerta Unihaz Bengkulu di Bencoolen Mall selama dua hari (20-21/08)

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Prof. DR. Hazairin, SH menggelar Bazar Kukerta periode XXX tahun 2019. Pada bazar kukerta kali ini Unihaz mengangkat tema ” Mewujudkan Semangat Wirausaha Masyarakat Desa”.

Bazar ini dilaksanakan di Atrium Bencoolen Mall selama dua hari yakni selasa 20 Agustus hingga 21 Agustus 2019. Dihadiri langsung oleh Rektor Unihaz dan pejabat di lingkungan Unihaz Bengkulu, perwakilan Gubernur Bengkulu, serta tamu undangan lainnya.

“Kukerta Unihaz memiliki program unggulan, salah satunya Program Pengelolaan Potensi Desa, dimana mahasiswa didorong untuk berinovasi dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki desa-desa tempat mereka melakukan pengabdian,” kata Rektor Unihaz Bengkulu Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si.



 

Masih disampaikan Rektor, Tema yang kita angkat kali ini sangat baik karena untuk menciptakan manusia yang unggul dan maju salah satunya diwujudkan dengan semangat wirausaha masyarakat desa. “Ini merupakan salah satu program Presiden RI dan Unihaz ikut serta mewujudkan program tersebut dalam memperdayakan masyarakat di desa,” tuturnya.

Melalui bazar ini kita memperkenalkan bahwa di Provinsi Bengkulu ada begitu banyak kearifan lokal yang harus dilestarikan, seperti produk kuliner dan kerajinan tangan. Beberapa produk yang dihasilakan berupa Keripik tulang ikan, Emping melinjo, selai kalamansi, dodol ketan, stik ubi ungu, pupuk organik, rolade ikan, donut singkong, serta sejumlah produk olahan lainnya.

Untuk diketahui, salah satu kegiatan mahasiswa kukerta selama di tempat pengabdian adalah mengolah bahan makanan. Warga diberikan penyuluhan dan pendampingan bagaimana cara mengolah potensi-potensi yang dimiliki daerah agar lebih bermanfaat sehingga menjadi tambahan pemasukan secara ekonominya.

Pendampingan ini mulai dari pengolahan bahan mentah hingga menjadi bahan olahan yang menarik dan bervariasi. Dengan harapan produk dapat bersaing dengan produk lain yang ada di pasar, baik dari aspek kualitas olahan dan harga yang lebih ekonomis.

“Salah satu Tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat Bengkulu lebih mengenal bahwa Provinsi Bengkulu ini kaya akan makan- makanan berdasarkan kearifan lokal yang harus kita angkat. Serta menumbuhkan ide-ide kreatif mahasiswa yang dapat ditularkan ke masyarakat,” papar Rektor Unihaz Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si.

Selain itu, ia juga mengharapkan semua lembaga terkait dengan hal ini seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengembangkan hasil penelitian mereka dalam kegiatan Kukerta yang setiap tahun dilangsungkan. “Untuk pemerintah Provinsi dan pemerintah kota Bengkulu saya berharap bisa mengapresiasi kegiatan ini. Sehingga kearifan lokal bisa diberdayakan dan dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional,” Harapnya. (cik8)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*