Unib Salurkan BAZ Rp 337 juta

20140103_103239[1]RATU SAMBAN, BE- Badan  Amil Zakat Infaq dan Sedekah (BAZIS) Universitas Bengkulu  selama tahun 2013 ini menyalurkan dana bantuan senilai Rp 337,678 juta. Dana tersebut merupakan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS), yang dihimpun dari 428 dosen dan karyawan dilingkungan  Universitas Bengkulu.

Penyaluran  dana bantuan itu diserahkan  secara simbolis di ruang rapat tiga gedung rektorat Unib, pada Jumat (3/1) kemarin. Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, didampingi  Ketua BAZIS Unib Supanjani, Ph.D dan pengurus BAZIS lainnya.

Bantuan Baz itu dibagikan kepada masyarakat kurang mampu,  Marbot (penjaga mesjid) dan para guru honor di TPQ/MDA se Kecamatan Muara Bangkahulu.

“Untuk tahun 2013, jumlah Muzaki (dosen/karyawan yang menyalurkan ZIS) meningkat 200 persen. Jumlah dananya pun lebih besar dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai Rp404 juta. Jumlah dana yang berhasil disalurkan juga meningkat yaitu Rp337.678.000,” ujar Ketua BAZIS Unib, Supanjani.

Penyaluran ZIS BAZIS Unib itu berupa  beasiswa bagi siswa SD, SMP, SMA se – Kecamatan Muara Bangkahulu. Juga beasiswa untuk perguruan tinggi berupa bantuan dana BKM (Beasiswa Kerja Mahasiswa). Kemudian disalurkan untuk kelompok usaha produktif masyarakat, bantuan dana konsumtif tradisional (masyarakat kurang mampu), bantuan dana untuk Marbot (penjaga mesjid), dan untuk tambahan honor guru TPQ/MDA.

“Khusus beasiswa diberikan dalam bentuk perlengkapan pelajar,  dengan total penerima 408 orang  atau total dana Rp 139 juta, ” katanya.

Baziz juga membantu bagi kelompok usaha produktif masyarakat. Penerimanya sebanyak 3 kelompok dengan total dana Rp 33 juta. Bantuan itu diberikan kepada petani, usaha jamur tiram, warung manisan, warung nasi, dan usaha lainnya.

Kemudian untuk bantuan konsumtif tradisional, jumlah penerima sebanyak 23 orang, masing-masing menerima Rp 760 ribu. Untuk bantuan Marbot sebanyak 9 orang, menerima Rp 850 ribu per orang, dan tambahan honor guru TPQ/MDA sebanyak 30 orang, masing-masing menerima Rp 850 ribu.

Sementara itu dalam sambutanya, Rektor Unib Dr Ridwan Nurazi, M.Sc mengaku sangat bangga dengan kinerja BAZIS Unib, yang telah melakukan pengelolaan dana ZIS dengan baik dan benar. Serta menyalurkan zakat itu dengan tepat sasaran.

Rektor mengimbau seluruh staf dosen dan karyawan Unib agar dapat menyalurkan ZIS-nya melalui BAZIS Unib, sehingga ke depan jumlah dana bantuan meningkat dan jumlah masyarakat penerima manfaat pun semakin banyak. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat penerima bantuan agar menggunakan dana tersebut secara baik dan benar, tidak untuk berfoya-foya.

“Kemudian agar dana itu berkah, sisihkanlah sedikit untuk mengisi atau menyumbang celengan mesjid,” ujarnya.(247/rls)