Unib Hadirkan 5 Penguji Eksternal Promosi Doktor

endang/BE
UJIAN: Promovendus Drs Adnas MSi foto bersama tim penguji usai sidang promosi doktor di Ruang Utama Gedung Rektorat, Unib, Senin (30/12).

Mantan Wakapolda Bengkulu Meraih Predikat Cumlaude

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Detik-detik tutup tahun 2019, Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu, menggelar ujian terbuka promosi doktor untuk promovendus Drs Adnas MSi di ruang utama gedung rektorat, Universitas Bengkulu, Senin (30/12). Mantan Wakapolda Bengkulu itu mengangkat disertasinya,

“Mediasi Komitmen Organisasi Dalam Pengaruh Organizational Change Management, Leader Member Exchange, dan keadilan organisasi terhadap organizational Citizenship Behaviour Pegawai Polri di Polda Metro Jaya, Polda Sulawesi Selatan dan Polda Bengkulu,”.

Tim penguji pada ujian terbuka promosi doktor tersebut dihadirkan sebanyak 10 orang, lima dari penguji eksternal diantaranya rektor universitas Bosowa Makassar, Prof. Dr. M Saleh Pallu M.EG, Guru Besar Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr Yatim Riyanto MPd, Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. H Basri Modding SE MSi, Prof. Dr . Ir Siti Nuradi Sirajuddin SPt MSi .Sedangkan penguji internal seperti Prof. Dr Kamaluddin SE MM yang juga selaku ketua promotor ujian terbuka, Dr Drs Syaiful Anwar AB S, DR Fachruzzaman SE MDM AK CA, dan banyak lagi.

Pada ujian terbuka, masing-masing penguji diberikan waktu sepuluh menit mengajukan beberapa pertanyaan, Adnas yang juga pernah menjawab sebagai wakil Kepala Daerah Polda Bengkulu mampu menjawab semua pertanyaan yang diujikan.

Adnas berhasil menjawab sejumlah pertanyaan dari penguji dan berhasil mempertahankan penelitian disertasinya didepan para penguji yang didatangkan baik dari internal Unib maupun penguji eksternal Unib. “Dalam aturan penguji wajib dihadirkan minimal hanya satu, karena tidak menyalahi aturan maka didatangkan penguji dari luar, dan ini pertama kali kita hadirkan penguji eksternal lebih dari satu, dan tim penguji biasanya maksimal 8 orang saat ini kita hadirkan 10 orang, ini luar biasa, ” ungkap Kamalludin.

Dalam ujian terbuka tersebut hasilnya sangat memuaskan, apa yang disampaikan Promovendus dinilai sangat baik, urainya menambahkan. “Disertasi yang dibuat Adnas sangat luar biasa, dan sangat menguasai angka statistik juga menguasai angka analisa. Ia (Adnas) sudah menghasilkan 5 artikel tiga terpublis di jurnal internasional, ini membuktikan program Doktoral Unib bukan program doktor abal-abal, ” tegasnya.

Masih dikatakan Kamalludin, Adnas merupakan alumni mahasiswa ke-25 program doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unib. Ujian terbuka sempat diskor selama 10 menit, sejumlah tim penguji berdiskusi menentukan nilai yang dicapai. “Alhasil pada ujian terbuka kesempatan tersebut Adnas berhasil meraih predikat Cumlaude, dengan nilai IPK 3,88 dengan masa studi 3,5 tahun,” tutupnya.

Apresiasi juga disampaikan Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. H Basri Modding SE MSi atas disertasi yang disampaikan dengan model analisis faktor konfirmatori. Model ini sangat jarang sekali digunakan. Ia berharap disertasi ini mampu memberikan pengaruh positif dalam birokrasi hingga manajemen organisasi dimasyarakat.

Sementara itu promovendus Drs Adnas MSi menuturkan tujuan disertasinya untuk menguji dan menganalisi pengaruh organizational Change Managemen (OCM) terhadap komitmen organisasi pegawai Polri. Selama waktu 3,5 tahun ini masih mampu menyelesaikan pendidikan dan menjaga amanah yang diberikan pada pemerintah. Ia berharap Hasil Disertasi ini digunakan sejumlah birokrasi khususnya jajaran Polri. “Hadir dalam ujian terbuka tersebut Wakil Gubenur Bengkulu, Wakil Walikota, TNI Polri dan sejumlah tamu undangan lannya,” katanya. (247)