UNBK, Hari Pertama Lancar


Bakti/Bengkulu EkspressPANTAU : Bupati Bengkulu tengah, Dr H Ferry Ramli SH MH saat melihat kesiapan perangkat komputer dan siswa sesaat sebelum ujian tingkat SMP dilaksanakan, kemarin (22/4).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Memasuki hari pertama, Senin (22/4) kemarin, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berlangsung lancar. Koneksi internet dari sarver sekolah ke sarver pusat milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tak mengalami gangguan. Pantauan di SMP Negeri 3 Kabupaten Benteng, sebanyak 145 orang siswa hadir untuk mengikuti ujian. Para siswa dibagi menjadi 3 sesi, meliputi sesi pertama pada pukul 07.00-09.30 WIB, sesi kedua pada pukul 10.30-12.30 WIB dan sesi ketiga pada pukul 14.00-16.00 WIB.

“Pada hari pertama ini, semua siswa hadir. Jaringan internet ke sarver pusat juga berjalan lancar,” kata Kepala SMP N 3 Bengkulu tengah, Supri.

Agar koneksi internet tetap stabil, kata Supri, pihaknya memanfaatkan jaringan internet Indi home seperlunya saja. Sehingga, jaringan internet yang dimiliki sekolah hanya terfokus pada penyelenggaraan ujian. “Saat simulasi, jaringan internet sempat lelet karena banyak digunakan yang tak berkepentingan. Kini, pasword telah kami ganti agar tak bisa diakses oleh semua orang. Jaringan internet terpusat pada UNKP,” tambah Supri.



Begitupula dengan aliran listrik, lanjutnya, beruntung tak terjadi pemadaman. Hanya saja, dari hasil koordinasi dengan PT PLN Cabang Kembang Seri, pihak PLN saat ini sedang melakukan pergantian kabel.  “Sepucuk surat resmi sudah dilayangkan ke PLN agar aliran listrik tak dimatikan selama 4 hari. Yakni, saat UNBK berlangsung,” terangnya. Pada tahun 2019 ini, papar Supri, terdapat sebanyak 145 orang murid yang terdaftar sebagai peserta ujian. Agar UNBK berjalan sesuai harapan, pihak sekolah sudah menyiapkan 54 perangkat komputer. “Mesin genset berukuran besar juga sudah kami siagakan,” tandasnya.(135)

Bupati dan Wabup Pantau UNKP

Sementara itu, pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP dan SD di Kabupaten Bengkulu tengah membuat Bupati Bengkulu tengah, Dr H Ferry Ramli SH MH dan Wakil Bupati Bengkulu tengah, Septi Peryadi STP mendatangi sejumlah sekolah. Hal tersebut dilakukan Kepala Daerah Kabupaten Benteng untuk memastikan bahwa pelaksanaan ujian berlangsung aman, lancar dan kondusif. “Alhamdulillah, pelaksanaan ujian berlangsung lancar dan aman. Saya harap, para pelajar di Kabupaten Bengkulu tengah lulus 100 persen dengan nilai memuaskan,” harap Bupati usai mengunjungi pelaksanaan UNBK di SMP N 3 Kabupaten Benteng.(135)