UN SMP Kaur Tanpa UNBK

IRUL/BE RAPAT: Para kepala sekolah tingkat SMP saat menggelar pertemuan dan rapat soal pelaksanaan UN tahun 2018 di aula SMP 8 Kaur, Senin (29/1).
IRUL/BE RAPAT: Para kepala sekolah tingkat SMP saat menggelar pertemuan dan rapat soal pelaksanaan UN tahun 2018 di aula SMP 8 Kaur, Senin (29/1).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2018 di Kabupaten Kaur dipastikan kembali tanpa sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Hal ini karena hingga ini belum ada satu pun SMP di Kaur yang siap melaksanakan UN dengan sistem UNBK.

“Ya sesuai dengan laporan masing-masing sekolah tingkat SMP, tahun ini UN masih tetap pakai UNKP dan belum ada UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaur, Three Marnope SPd MTPd, kemarin (29/1).

Dikatakan Three, untuk UN tingkat SMP di Kaur pada tahun 2018 ini masih akan manual seperti tahun-tahun sebelumnya. Juga ini karena hampir semua sekolah di SMP Kaur belum siap untuk mengadakan komputer dan juga jaringan internet. Namun untuk semua sekolah MTsN di Kaur tahun 2018 ini UN mulai menggunakan UNKB. Hal ini karena sarana prasarana MTsN di Kaur ini sudah mendukung.

“Kita upayakan tahun depan semua SMP Kaur ini sudah UNBK, tapi untuk MTsN tahun ini semuanya sudah UNKB dan tidak lagi UNKP,” terangnya.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil rapat dan juga laporan masing-masing sekolah, jumlah SMP yang akan mengikuti UN tahun 2018 ini sebanyak 37 SMP Negeri dan 4 SMP swasta serta 7 MTs Negeri dan swasta. Dengan jumlah Daftar Nominal Sementara (DNS) 2.124 siswa yang tersebar di berapa sekolah di Kabupaten Kaur.

“Untuk DNS SMP dan MTsN ini ada 2.214 siswa dan untuk UN-nya insyaAllah akan dimulai 23 hingga 25 April 2018 nanti,” jelasnya. (618)