UN Perdana, SMANKO Bengkulu Dipinjami Komputer

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – SMAN Keberbakatan Olahraga (SMANKO) Bengkulu, mengikuti  ujian nasional (UN) perdana, pada April mendatang. Siswa kelas XII sekolah yang didirikan pada 2016 ini, mengikuti UN berbasis komputer di sekolahnya sendiri,. Untuk melaksanakan UN, SMANKO dipinjami komputer oleh Dinas Pendidikan dan Kebudyaaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu.

Kepala Dispendikbud Provinsi Bengkulu, Budiman Ismaun, kepada bengkuluekspress.com usai menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala SMA/SMK/SLB dan Kasubag TU SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu, di Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (9/1), menuturkan,

“Untuk SMA Keberbakatan Olahraga, ujian dilakukan di SMA-nya sendiri, kan siswanya sedikit.”

Budiman menjelaskan, untuk persiapan ujian perdana berbasis Computer Based Test (CBT) di SMANKO tersebut. Dispendikbud menyiapkan dan meminjamkan fasilitas seperti server, client dan jaringan yang memadai. Demi menunjang terlaksananya ujian dengan lancar dan nyaman.

Dalam pelaksanaannya, ujian nasional berbasis komputer, kata Budiman, sedikit berbeda dengan ujian nasional tertulis. Jika jumlah siswa tidak sebanding dengan jumlah fasilitas yang ada, ujian dapat diadakan dengan beberapa sesi.”Kan siswanya sedikit, kita rasa cukup satu sesi,”tukasnya.

Lanjut Budiman, beberapa bulan kedepan, sebelum ujian dilaksanakan. Siswa SMANKO terlebih dahulu melaksanakan beberapa kali simulasi UN.

Dengan keadaan dan fasilitas yang sama seperti saat ujian nasional berlangsung sehingga siswa sudah terbiasa dengan situasi yang ada.

“Hal itu dilakukan agar para siswa tidak mengalami kendala yang berarti saat melaksanakan ujian. Dan dapat mengikuti ujian nasional dengan hikmat dan teratur,” tutupnya. (HBN)