UN Digelar 20 April, 2 Sekolah Menginduk

UNBK : Kepala SMP Negeri 5 Benteng, Edon Siregar SPd saat menunjukkan ruangan berisi perangkat komputer yang siap digunakan untuk pelaksanaan UNBK pada tanggal 20-23 April 2020, senin(9/3).

BENTENG, Bemgkulu Ekspress– Jelang ujian nasional (UN) tahun 2020, seluruh sekolah diminta untuk mempersiapkan diri. Terutama sekolah menengah pertama (SMP) yang akan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahragara (Dikpora) Kabupaten Benteng, Saidirman SE MSi menegaskan, ada sebanyak 15 dari total 33 SMP Negeri yang akan mengadakan UNBK.

Sebab itulah, masing-masing sekolah harus mempersiapkan perangkat komputer yang merupakan fasilitas utama dalam pelaksanaan UNBK.

Sedangkan, 18 SMP masih menggelar ujian sekolah kertas pensil (UNKP) dengan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK).

Hasil pendataan, ada sebanyak 1.777 orang siswa SMP yang tercatat sebagai peserta ujian dari 32 SMP Negeri di Kabupaten Benteng. Selain SMP Negeri, US juga akan diselenggarakan di SMP Rabbani.

Mts Negeri dan MTs swasta yang jumlahnya sebanyak 10 sekolah.Sesuai dengan jadwal, UNBK dan UNKP digelar selama 4 hari. Yaitu, pada tanggal 20-23 April 2019.

“Dari 15 SMP pelaksana UNBK, tak semuanya memiliki perangkat komputer yang mencukupi kebutuhan,” ungkap Saidirman usai menghadiri sosialisasi pemantapan UN di SMP Negeri 5 Benteng, senin (9/3).

Pun begitu, lanjut Saidirman, sekolah yang telah ditetapkan menyanggupi untuk tetap menggelar UNBK. Bahkan, sebagian besar SMP terpaksa meminjam perangkat komputer dari sekolah lain.”Informasi didapat, ada pula yang memakai perangkat komputer milik siswa,” akunya.

Dari seluruh sekolah, lanjutnya, ada 2 sekolah yang terpaksa menginduk alias menumpang ujian di sekolah lain. Yaitu, SMP Negeri di Desa Gajah Mati, Kecamatan Semidang Lagan dan SMP Negeri di Desa Tanjung Raman, Kecamatan Taba Penanjung.

“Ditahun ini, ada 2 SMP yang belum terakreditasi dan tak bisa menyelenggarakan ujian sekolah di sekolahnya. Dengan begitu, UN terpaksa dilaksanakan di sekolah lain,” tandasnya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 5 Benteng, Edon Siregar SPd menegaskan, pihaknya siap menyelenggarakan UNBK. Sebanyak 3 ruangan dengan total 60 unit perangkat komputer siap untuk digunakan.”Pendataan kami.

ada sebanyak 167 orang yang terdaftar sebagai peserta ujian.Dengan perangkat yang ada, UNBK akan dibagi menjadi 3 sesi setiap hari,” demikian Edon.(135)