UN 2013, Soal 20 Paket

BENGKULU, BE – Ini informasi penting bagi siswa kelas akhir SMP/Mts, SMA/MA dan SMK se-Provinsi Bengkulu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menggunakan 20 paket soal, dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2013 mendatang. Jumlah ini bertambah cukup banyak daripada pelaksanaan UN di tahun sebelumnya.

“Informasi ini sudah dikatakan Menteri Kemendiknas saat lokakarya, yang dihadiri seluruh panitia UN se-Indonesia beberapa waktu lalu. Namun rencana penggunaan 20 paket soal masih dalam proses pematangan,” jelas Koordinator Komputerisasi Dispendik Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP MM.

Dalam pertemuan tersebut Mentri tidak menyinggung tentang standar kelulusan UN ditahun depan. Kemungkinan standar kelulusan UN tahun depan tetap sama yaitu 5,5. Perubahan dalam aturan pengawasan ujian pun dipastikan juga tidak terjadi. Pengawasannya sama, yaitu diawasi oleh 2 pengawas silang. Saat bertugas pengawasnya bukan guru mata pelajaraan yang sedang diujikan. Kendati perubahan pola ini masih dalam tahap pematangan, Diknas berharap seluruh siswa mempersiapkan diri dengan maksimal.

Wahyu menjelaskan, penggunaan 20 paket soal itu bertujuan menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, potensi kecurangan semakin sempit. Pasalnya, masing-masing siswa mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian.

Sebelumnya, UN menggunakan lima paket soal. Akan tetapi, masih saja diterima laporan praktek kecurangan di sejumlah daerah. Sejalan dengan itu, aturan lebih ketat pun diberlakukan pada UN tahun depan. Hal ini juga dimaksudkan untuk membentuk kepercayaan masyarakat pada proses dan hasil UN. Karena ke depannya, pemerintah berencana mengintegrasikan hasil UN tingkat SMA sebagai tiket masuk ke perguruan tinggi negeri. (128)