UMB Tuan Rumah KKN Mu VI

Rektor UMB (2)
IST/Bengkulu Ekspress
Ketua KKN Mu sekaligus LSBO PP Muhammadiyah, Dr. Rina Ratih, M.Si menyerahkan estafet KKN Mu VI ke Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kemarin (5/9).

Program KKN Muhammadiyah Untuk Negeri

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak kurang lebih 900 orang mahasiswa dari 174 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia mengikuti KKN Mu (Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untukmu Negeri) di Provinsi Bengkulu. Ratusan mahasiswa tersebut nantinya akan ditempatkan di tiga kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang meliputi Kota Bengkulu, Bengkulu Utara dan Kepahiang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bengkulu sekaligus Penanggungjawab KKN Mu, Dr Sunaryadi mengatakan, KKN Mu yang dilaksanakan di Bengkulu secara bersama atau gabungan dari ratusan PTM seluruh Indonesia ini merupakan yang ke VI atau 6. Sebelumnya, KKN Mu ke V telah dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dengan jumlah peserta sebanyak 684 mahasiswa dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Pada hari ini (5/9) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mendapat mandat untuk melaksanakan KKN Muhammadiyah angkatan ke VI di Bengkulu,” ujar Sunaryadi, kemarin (5/9).

Dengan ditetapkannya UMB sebagai tuan rumah pelaksanaan KKN Mu angkatan ke-VI, maka secara tidak langsung telah memberikan sebuah kesempatan yang luar biasa karena telah dipercaya oleh ratusan PTM di Indonesia. Tentu saja kesempatan berharga ini menjadi sebuah tanggung jawab yang besar bagi UMB.

“Kami bersyukur KKN Mu ke VI bisa ditempatkan di Bengkulu, karena tidak mudah untuk menghadirkan dan meyakinkan 174 PTM seluruh Indonesia, jadi akan kami manfaatkan kesempatan berharga ini,” kata Sunaryadi.

Bertujuan Membangun Indonesia

Seperti diketahui, kegiatan KKN Mu ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa sebagai utusan masing masing PTM, akan tetapi masing-masing Rektor, WR, dan ketua LPPM turut hadir di kegiatan ini. Tujuan dari KKN Mu adalah membangun Indonesia dengan semangat Al-Maun diwujudkan dalam Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah demi kemakmuran masyarakat secara paripurna.

“Harapan kami KKN Mu ke-VI ini bisa sukses dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA mengucapkan selamat datang pada para mahasiswa KKN Mu angkatan ke-VI serta berterima kasih kepada PP Muhammadiyah yang telah menunjuk Bengkulu sebagai tuan rumah penyelenggaraan KKN Mu periode 6 tahun 2018, dan pihaknya akan berupaya agar penyelenggaraan kegiatan akan berjalan maksimal dengan memberikan fasilitas yang terbaik bagi para mahasiswa KKN baik mahasiswa KKN Mu maupun KKN regular dari UMB.

“Hal ini merupakan penghormatan dan kebanggaan bagi kami menerima KKN Mu dengan peserta paling banyak dari seluruh Indonesia, dan tentunya pelaksanaan KKN ini akan merekatkan silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat Bengkulu sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan sesuai dengan konteks tri dharma perguruan tinggi,” kata Dasan.



Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dalam melaksanakan KKN menjunjung tinggi adat istiadat dan segala aturan yang berlaku di Bengkulu, kemudian mampu menjaga silaturahmi, baik antar mahasiswa maupun dengan masyarakat tempat melaksanakan KKN.

“Interaksi dalam negara yang beragam ini, dengan lebih dari 700 bahasa dan 500 etnis, itu tidak mudah dan menjadi tugas kita untuk dapat menjaga silaturahmi diantaranya melalui kegiatan mahasiswa KKN ini. Di sini mahasiswa akan saling berinteraksi dan saling mengenal bahwa perbedaan bukan menjadi alasan untuk tidak saling menyukai,” tutupnya.(999)