UMB Sembelih 8 Ekor Sapi

Ketua BP2I Drs H Yohalin MA
APRIZAL/Bengkulu EkspressĀ 
Ketua BP2I Drs H Yohalin MPd saat di temui Bengkulu Ekspress di ruang kerjanya kemarin (21/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menyembelih 8 ekor sapi pada momen Idul Adha 1439 H. Diantaranya 7 ekor sapi dari segenap civitas akademika UMB dan 1 ekor sapi sumbangan dari Bank Mandiri Syariah.

Ketua Balai Pengkajian dan Pengamalan Islam (BP2I) UMB Drs Yohalin MA ketika ditemui diruang kerjanya kemarin (21/8) mengatakan, pelaksanaan kurban tahun ini UMB menyembelih 8 ekor sapi yang akan dibagikan ke ranting-ranting Muhammadiyah yang berada didaerah pedalaman.

“Dari 8 ekor sapi, 3 ekor sapi kita akan berikan ke ranting-ranting muhammadiyah,” ujarnya.

Yohalin menuturkan, 1 ekor sapi kita berikan ke ranting muhammadiyah yang berada di desa Kampai Kabupaten Seluma. Dan 1 ekor sapi lagi diberikan ke ranting muhammadiyah yang berada di desa Padang Kalah, Lais Bengkulu Utara. Sedangkan 1 ekor lainnya di berikan di ranting muhammadiyah yang berada di desa Arga Indah, Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah. “Sisanya 5 ekor sapi lagi kita potong disini bertempat di Kampus IV UMB,” tuturnya.

Yohalin mengungkapkan penyembelihan kurban di ranting, harinya berbeda-beda, seperti di ranting Padang Kalah dan ranting Arga Indah proses penyembelihannya di hari Kamis tanggal 23 Agustus dan hari Sabtu tanggal 25 Agustus bertepatan pada tanggal 13 Zulhijah hari tasrik terakhir. Sedangkan di ranting Kampai dan di kampus IV UMB pelaksanaan penyembelihannya di lakukan pada hari raya idul adha.

“Pelaksanaan di ranting kita bekerjasama dengan Lembaga Amal Zakat Infaq dan Sadaqoh Muhammadiyah (LazisMu) Bengkulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Yohalin menambahkan, untuk pendistribusian daging korban khususnya penyembelihan 5 ekor sapi di Kampus IV UMB sebagian diberikan ke Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 dan ranting yanga berada di Kota Bengkulu. Jadi tidak sepenuhnya dibagikan kepada para pekurban dan tetangga seputaran kampus saja.

“Kita juga memikirkan masyarakat yang berada diranting, jangan kan sapi, seekor kambing pun mereka tidak berkurban,” tambahnya.
Kedepan program UMB menargetkan 10 ekor hewan kurban, sehingga pendistribusian ke daerah lebih maksimal lagi. “Di pulau Enggano tiap tahun meminta tapi dengan kondisi saat ini belum memungkinkan, Insha Allah tahun depan depan akan terwujud,” ujarnya

Selain itu, pelaksanaan Solat Idul Adha di UMB yang menjadi khotib yakni H Syukran Zainul BA dan Rektor UMB Dr H Ahmad Dasan menjadi Khotib di Jalan Surapto simpang lima Kota Bengkulu.

Ia berharap, semoga lebaran Idul Adha tahun ini menjadi momentum semangat berkurban yang berbasis keimanan demi tegaknya kebenaran, kebaikan, kemajuan dan segala keutamaan, termasuk bagi mereka yang selama ini memiliki amanat kekuasaan dan memiliki kekayaan sejatinya bisa berbagi kepada kaum dhuafa.

“Ibadah kurban mengantar kita pada kesadaran bahwa darah hewan kurban itu mengisyaratkan agar ummat ini sedapat mungkin mengikis sifat kebinatangan dan sifat syaithoniyah yang ada pada dirinya,” tutupnya (cw1)