Umat Hindu Rayakan Hari Galungan

Sembahyang yang dikakukan umat Hindu pada Hari Raya Galungan.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Umat Hindu di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), rabu pagi (19/2) merayakan hari raya galungan. Ratusan umat Hindu di BU melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Dharma Yatra desa Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur, Kabupeten BU, sebagai bentuk syukur kemenangan atas Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan), serta meningkatkan Sarada Bhakti kepada tuhan sang pencipta.

Ketua Banjar Adat Dharma Bakti Desa Rama Agung, I Gde Rumania mengatakan, Hari Raya Galungan kali ini jatuh pada 19 Februari 2020, Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali. Yakni pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma melawan Adharma.

“Ya, di tahun ini kita kembali merayakan hari raya galungan yang jatuh pada 19 Februari. Dimana masyarakat Hindu di BU merayakan Hari Raya Galungan sebagai wujud kemenangan dharma melawan adharma,” kata I Gede Rumania.

Gede menambahkan, hakikat Galungan adalah perayaan menangnya dharma melawan adharma. Jadi, inti Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang inilah wujud dharma dalam diri.

Sedangkan segala kekacauan pikiran itu adalah wujud adharma. Maka dari itu, bentuk peningkatan sarada bhakti kepada tuhan umat hindu diminta untuk memperbaiki hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.

“Kesimpulannya bahwa hakikat Galungan adalah merayakan menangnya dharma melawan adharma. Maka dari itu, hubungan yang harus ditingkatkan adalah tri atau karene yaitu hubungan dengan pencipta, hubungan dengan sesama dan hubungan dengan lingkungan,” ungkapnya.

Gede berharap dihari raya galungan tahun ini, apa yang selama ini dicita-citakan oleh masyarakat Kabupaten BU selama ini bisa berjalan dengan baik dan selalu dilindungi oleh sang pencipta. Terkhusus dalam kerukunan antar umat beragama.”Semoga di hari raya galungan ini, kami juga berdoa semoga kedamaian dan kerukunan bergama di Kabupaten BU tetap terjaga,” tukasanya.(127)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*