Ular Piton Bersarang di BKD Provinsi Bengkulu

 B
BENGKULU, BE – Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu digegerkan oleh ular piton sepanjang 7 meter dengan berat lebih dari 10 kg, sekitar pukul 16.00 WIB sore kemarin (25/4).

Ular piton yang baru saja memakan mangsanya itu ditemukan dibawah rongga dinding ruangan Bidang Perencanaan dan Pengembangan Karir (PPK) BKD. Sontak, penemuan itu langsung membuat pegawai BKD berteriakan.

“Kami semua kaget pas melihat ada ular besar di ruangan kami,” ujar Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karir (BKD) Provinsi Bengkulu, Arna Mareta SH MSi kepada BE, kemarin.

Arna menjelaskan, penemuan ular piton berawal dari pegawai yang mencium bau anyir di ruangan PPK. Tak berselang lama, tamu yang datang ke ruangan PPK pun melihat ular piton itu sedang bersembunyi di bawah rongga dinding.

“Tamu yang pertama lihatnya. Kemudian pegawai yang dibantu tamu tersebut langsung mencoba mengeluarkan ular itu,” terangnya.

Proses pengeluarkan ular pun tidak semudah yang dibayangkan para pegawai. Dengan menggunakan kayu, bambu dan alat seadaanya, pegawai pun berusaha mencongkel dinding dan terus menakut-nakuti ular agar keluar. Puluhan pegawai BKD yang ikut terjun untuk mengevakuasi ular piton itu pun tak mambuahkan hasil, hingga harus memanggil pawang ular.

“Pas pawang ular datang, langsung bisa ditaklukkan dengan mengikat mulut ulat menggunakan lakban,” tambah Arna.

Setelah ditaklukkan, ular pun langsung diamankan oleh pawang ular tersebut.

“Sudah dapat, kami serahkan saja ularnya untuk di bawa pulang. Karena kami takut, ularnya besar sekali,” ucapnya. (151)