UKG Guru Wajib Hadir

Saat mengambil kartu UKGBENGKULU, BE – Pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tanggal 3 sampai 6 Juni mendatang, guru yang belum mempunyai sertifikat diwajibkan hadir. Kegiatan ini dilaksanakan di 4 Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yaitu, SMAN 2, SMAN 3, SMA Corulus dan SMK-S Farmasi. Jumlah peserta UKG tahun ini sebanyak 1.224 guru se-Kota Bengkulu. Terdiri dari 155 (TK), 328(SD), 299(SMP), 273(SMA), 167(SMK) dan 1(SLB).
” Bagi guru yang namanya terdaftar diharapkan untuk datang kesekolah yang ditunjuk dan tidak boleh diwakilkan. Peserta wajib membawa kartu ujiannya,” ungkap Kasubag Kepegawaian Dispendik Kota Bengkulu, Firman Jonaidi Spd.
Selain itu, dia mengingatkan agar guru tidak datang terlambat selama mengikuti UKG. Mengingat kegiatan ini dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia. Maka kegiatannya pun akan mulai serentak dan tepat waktu.
Nantinya dalam pelaksanaan UKG, guru mendapatkan soal sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Sebanyak 100 soal harus dikerjakan dengan waktu 120 menit. Komposisi soal UKG meliputi 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Pelaksanaan UKG tiap harinya dibagi dalam 2-3 gelombang perhari.
Guru yang mengikuti UKG juga diminta mempersiapkan dirinya dengan matang. Karena guru yang mengikuti ujian yang sesungguhnya mengakses soal uji kompetensi yang disediakan. Setiap peserta harus memastikan soal ujian mata pelajaran yang disiapkan harus sesuai dengan sertifikat pendidiknya. Waktu ujian tampil dilayar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D). Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada contoh di atas. Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. Itulah beberapa manfaat melakukan uji coba sistem UKG 2013 yang perlu dipahami oleh setiap unsur terkait, terutama guru. (128)