Ujian Sekolah SMA/MA di Bengkulu Daring

Endang/BE
Guru MGMP saat menyusun perakitan soal Ujian Sekolah di SMAN 4 Kota Bengkulu, belum lama ini.

BENGKULU, BE – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) untuk standar kelulusan tingkat SMA/MA di Kota Bengkulu digelar secara dalam jaringan (daring). Sebagai salah satu persiapannya baru-baru ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) telah tuntas membuat master soal ujian sekolah. Soalnya menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

”Soalnya ujian sekolah menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan soal HOTS (High Thinking Skills). Penggunaan soal HOTS ini salah satu tuntutan kompetensi dalam pembelajaran sehingga siswa/siswi dapat berpikir kreatif komunikatif dan kritis. Soal kombinasu dari kurikulum 2013 dikombinasikan kurikulum darurat pandemi covid-19,” ujar

Wakil Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA/MA Kota Bengkulu Basuki Dwiyanto saat diwawancarai BE Selasa (26/1).
Karena, masih masa pandemi covid-19, tim pembuat soal telah mendesai soal secara digital. Saat pelaksanaan ujian sekolah nanti MKKS menyewa aplikasi ujian sekolah yang dikelola oleh proktor sekolah dan dilaksanakan secara online.

“Ujian direncanakan secara online, melihat pandemi covid-19. Jika saat ujian pemerintah telah mengambil kebijakan belajar tatap muka, pelaksanaan ujian sekolah boleh tatap muka, namun boleh juga pelaksanaanya tetap online di Sekolah, ” imbuhnya.

Ujian Sekolah terdiri dari penilaian sikap, ujian keterampilan dan ujian tertulis. Untuk ujian tertulis menggunakan HOTS, ada dua bentuk soal yaitu pilihan ganda dan uraian singkat.Yaitu 30 pilihan ganda dan 10 isian singkat, sedangkan pelajaran non eksak 35 pilihan ganda 10 isian singkat. (247)