Ujian Sekolah di SMPN 1 Bengkulu Utara Pakai HP Android

APRIZAL/BE
Beginilah pelaksanaan ujian akhir bagi siswa/i kelas IX SMPN 01 BU. Dimana para siswa/i tidak menggunakan kertas dan pena, namun menggunakan HP android.

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Pelaksanaan ujian sekolah tinggkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi kelas IX sudah berlangsung pada Hari Senin (19/4) lalu. Dimana ujian tersebut merupakan ujian akhir untuk menentukan kelulusan. Namun menariknya dari pantauan BE di SMPN 1 Bengkulu Utara (BU) dalam ujian kali ini pelaksanaannya tidak lagi menggunkan kertas dan pena, melainkan berbasis IT dengan menggunakan handphone android dan komputer.
Kepala Sekolah SMPN 1 Bengkulu Utara Tiswarni MPd mengatakan, bahwa pelaksanaan ujian akhir bagi kelas IX kali ini pihaknya telah menerapkan ujian berbasis IT dangan menggunkan hp android dan komputer.
“Ya, untuk ujian akhir ini kita telah menerpakan ujian berbasis IT, dan Allhamdulilah pelaksanaan ujian di hari kedua ini (Selasa 20/4) berjalan lancar,”kata Tiswarni.

Tiswarni menambahkan, bahwa ujian sekolah ini dilaksanakan 5 hari ini hingga 23 April 2021 mendatang, pihaknya tidak melupakan penerapan Protokol kesehatan (Prokes) penanganan covid-19. Salah satunya ialah dengan membagi 1 kelas menjadi 2 sehingga social distancing tetap terjaga.
“Karena memang kasus covid-19 saat ini mengalami peningkatan, selain siswa/i harus menerpakn prokes 3 M, dalam ujian kita bagi menjadi 2 sehingga social distancing tetap terjaga,”ungkapnya.

Tiswarni menjelaskan, bahwa untuk kelulusan siswa/i kelas IX bukan sepenuhnya dari nilai ujian akhir, namun, kelulusan tersebut diambil dari nilai dari semseter pertama hingga akhir, dimana 70 persen nilai kelulusan diambil dari nilai raport dari semester 1 hingga semester 5, 20 persen diambil dari nilai raport semester 6 dan 10 persen dari ujian akhir. Maka dari itu, dirinya berharap kepada seluruh siswa/i SMPN 1 BU dapat lulus 100 persen dalam ujian ini. Memang untuk ujian akhir ini hanya 10 persen nilai untuk kelulusan siswa itu sendiri, akan tetapi meski hanya 10 persen siswa/i harus serius dalam melaksanakan ujian ini.
“Kita harapkan seluruh siswa kelas IX kita lulus 100 persen, meski nilai ujian ini hanya 10 persen untuk kelulusan siswa itu sendiri akan tetapi hal ini harus dilaksanakan serius oleh seluruh siswa/i,”tandasnya.(127)