Ujian Paket Dipantau Tim Kemendikbud

Pelaksanaan Ujian Paket A,B dan C di taman SiswaCURUP, BE – Tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) melakukan peninjauan pelaksanaan ujian Paket yang berlangsung di Kabupaten Rejang Lebong, Senin (01/07). Monitoring kegiatan ujian Paket A, B dan C yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong dan kelompok PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) tersebut berlangsung di Sekolah Taman Siswa Kelurahan Talang Rombo Lama Kecamatan Curup Tengah.
Ujian paket tersebut setidaknya diikuti oleh 219 orang peserta yang terdiri dari siswa-siswi gagal ujian nasional (UN) tahun 2013 mulai dari tingkat SMP dan SMA, juga peserta asal kelompok belajar PKBM yang ada di RL. Wardoyo, ST ketua tim perwakilan dari Kemendikbud menerangkan, kedatangan dirinya dalam agenda melakukan proses pelaksanaan Ujian Paket kususnya pada Ujian Paket B di dua kabupaten di Provinsi Bengkulu. “Kita sedang melakukan pemantauan proses ujia paket di Kabupaten Rejang Lebong dan besok (Selasa), kita akan melanjutkan perjalan ke Kabupaten Lebong dengan misi yang sama yakni melakukan pemantauan kegiatan Ujian Paket,” ujarnya.
Dijelasakannya, selain memiliki agenda melakukan pemantauan
pelaksanaan kegiatan ujian paket A, B dan C pihak tim Kemendikbud juga akan melakukan pendataan terkait kendala – kendala di lapangan yang kemudian akan direkomendasikan ke Kementrian Pendidikan, dalam pemaksimalan pelaksanaan Ujian Paket di daerah. “Sejauh ini proses pelaksanaan Ujian Paket yang diselenggaran di Kabupaten RL telah berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan,” ungkapnya.
Untuk pelaksanaan Ujian Paket di Kabupaten RL, tim Kemendikbud belum bisa memastikan apakah ada kendala atau tidak. “Yang jelas,  jika ada hambatan, kita siap membantu, karena pelaksanaan Ujian Paket ini merupakan agenda pencerdasan anak bangsa. Kita akan mengunjungi dua Kabupaten ini selama 3 hari kedepan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten RL Syafewi, SPd
melalui Panitia Pelaksana Ujian Paket Dedi Warsito mengatakan,
kegiatan Ujian Paket A, B dan C yang diselenggarakan oleh pihaknya
baru dimulai 1 Juli hingga 4 Juli. “Pelaksanaan ujian sejauh ini tidak
ada kendala, dan berjalan cukup lancar,” tegasnya.
Dari 219 orang peserta ujian ini, sambungnya terbagi menjadi 3
kelompok ujian yakni  Paket A sebanyak  24 orang peserta , paket B
sebanyak 68 orang peserta dan paket C sebanyak 127 orang, jika
dijumlahkan akan berjulah 219 orang.  “Jadwal mata pelajaran yang
diujikan pada hari ini adalah mata pelajaran PPKN dan Bahasa
Indonesia. Sementara dari 219 orang peserta ujian ini, diikuti oleh 3
PKBM RL yakni PKBM  Wijaya Kusuma,  PKBM Bina mandiri dan PKBM Sekarwangi, “ ujarnya. (999)