Ujian Daring di Bengkulu untuk Kelas 5 dan 8

Dok/BE
Uji coba Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD).

BENGKULU, BE – Pelaksanaan Asesmen Ujian Berbasis Komputer Daring 2021, menyasar seluruh satuan pendidikan. Mulai tingkat SD, SMp, SMA, SMK dan program kesetaraan.  Disatuan tingkat SD dan SMP UBKD diperkirakan dilaksanakan pada Maret 2021. Asesmen UBKD tersebut hanya diprioritaskan untuk siswa/siswi kelas 5 dan kelas 8 SMP.

Koordinator Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Huteman Mulyadi menuturkan kepada BE, Asesmen UBKD ini menyasar seluruh satuan pendidikan, karena baru pertama kali digelar. Peserta yang mengikuti sangat terbatas. Satu sekolah diminta menyiapkan sebanyak 30 orang tingkat SD dan 36 orang siswa tingkat SMP.

“Siapa saja siswa yang ditunjuk menjadi kewenangan dari Pemerintah RI. Sebanyak 30 siswa SD dan 36 siswa SMP perwakilan sekolah ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui data pokok pendidikan (dapodik),” ungkapnya.

Lalu bagaimana siswa yang lain. Orang tua tidak perlu risau, karena untuk kali pertama ini baru sebatas uji coba. Bukan untuk pengambilan penilaian siswa, melainkan penilaian kesiapan masing-masing sekolah.

“Penilaian asesmen tahap pertama ini bukan individu siswa, tetapi penilaian terhadap sekolah,” imbuhnya.

Kenapa harus kelas lima yang mengikuti UBKD, bukan kelas akhir. Pertimbangannya, karena kelas lima dan kelas 8 akan mendapatkan manfaat untuk dikelas selanjutnya. Sementara untuk siswa kelas akhir pembuatan regulasi asesmennya dibuat regulasinya oleh Disdik termasuk penilaian.

“Nanti Disdik membuat komponen penilaian,” terangnya.

Terkait sekolah yang tidak didukung sarana, terkait hal tersebut Huteman mengakui tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai. Mengatasi masalah ini sekolah dipersilahkan menumpang pada tingkat lebih tinggi.

“Asesment UBKD 2021 wajib diikuti semua sekolah. Dengan moda ujian berbasis komputer daring. Sekolah yang belum dilengkapi fasilitas bisa meminjam atau menumpang ke sekolah lebih tinggi,” tutupnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*