Uji Ketangguhan All New Terios, Daihatsu Ajak Media Test Drive

TEST DRIVE: Para media di beri kesempatan untuk mencoba performa kendaraan Compact 7-seater SUV ini melalui test drive 11-12 Januari lalu di Sumatera Barat
TEST DRIVE: Para media di beri kesempatan untuk mencoba performa kendaraan Compact 7-seater SUV ini melalui test drive 11-12 Januari lalu di Sumatera Barat.

PADANG, Bengkulu Ekspress – Setelah 11 tahun tidak mengalami perubahan, Daihatsu menggebrak pasar otomotif di penghunjung tahun 2017 dengan menghadirkan produk terbarunya All New Terios. All New Terios di gadang-gadang sebagai tulang punggungnya Daihatsu, melihat antusias konsumen pada awal peluncuran Terios tahun 2006, Terios mencapai puncak terbaiknya di tahun 2013 mencapai 2.000 unit dan sekarang semenjak di luncurkannya All New Terios sudah SPK 1.500 unit setelah dikeluarkannya harga jual.

Sebelum sampai ke konsumen, para media di beri kesempatan untuk mencoba performa kendaraan Compact 7-seater SUV ini melalui test drive 11-12 Januari lalu di Sumatera Barat. Dari kondisi jalan yang berlubang, tikungan tajam, bebatuan, jalan berlumpur hingga tanjakan yang curam, kendaraan besutan Astra Daihatsu Motor (ADM) mampu melentasinya dengan baik.

Sesampainya di Kota Padang, sebanyak 32 media mengisi kendaraan yang sudah ditentukan, ada yang menggunakan manual dan ada juga yang menggunakan matic. Di dalam satu mobil berisikan 4 media dan 1 pendampaing dari Daihatsu. All New Terios memiliki empat versi matic dan manual (R Deluxe). Dan kendaraan yang di pakai merupakan kendaraan tipe yang tertinggi dari model tersebut.

Perjalanan pertama sesampainya di Kota Padang langsung menuju Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jarak yang ditempuh sekitar 100 Km. Di awal perjalanan di lalui tanpa rintangan karena jalannya lurus dan mulus. Tantanga di rasakan saat memasuki wilayah Teluk Bayur dengan jalan yang berbelok-belok dan menanjak. Disinilah baru di uji ketangguhan dari All New Terios dan jalur tersebut dapat di lalui dengan mudah. Kemudian lanjut lagi menuju ke Bukit Nona atau Bukit Mande, dengan jalan yang lebih curam, bebatuan, dan tanjakan yang curam namun lagi-lagi All New Terios dapat membuktikan memang performanya sangat luar biasa jalur tersebut dapat di laluinya dengan mudah.

Pengujian performa dan keunggulan All New Terios ini sejalan dengan apa yang dilakukan tim Research and Development (R&D) Daihatsu di segala medan jalan dan simulasi pada test course. “Maka test drive juga memilih rute yang penuh tantangan berupa tanjakan, tikungan, medan jalan berat seperti daerah berbatu, berlumpur dan rintangan lainnya,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM disela-sela test drive.

Sempat juga menjajal tikungan curam dengan kecepatan tertentu. Namun, karena dilengkapi teknologi VSC (Vehicle Stability Control) manuver di tikungan lebih aman. Berbeda kemampuan dengan model sebelumnya. Dengan ground clearance yang tinggi, membuat mobil tiga baris berkapasitas tujuh penumpang ini tetap aman dan nyaman dalam melewati segala medan jalan yang berat dan menantang.

All New Terios juga dilengkapi fitur HSA (Hill Start Assist), sehingga aman saat kendaraan berhenti ditanjakan. Mobil akan tertahan sekitar 3 detik, sehingga tidak mundur saat akan berakselerasi. Fitur keamanan dan keselamatan lainnya adalah ABS (Anti-lock Brake System) sehingga lebih aman saat mengerem mendadak di jalan licin, EBD (Electronic Brake -force Distribution) performa pengereman tetap maksimal dengan daya cengkeram di tiap roda dan ESS (Emergency Stop Signal) khusus tipe R yang otomatis memberi sinyal lampu hazard saat pengereman mendadak.

Selain itu juga dilengkapi immobilizer dan alarm sehingga lebih aman dari pencurian dan new remote key (varian R) berdesain baru mengikuti tren. Soal performa, SUV tiga baris ini menggunakan mesin generasi terbaru Dual VVT-i 1.5L. Dengan mesin ini, konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan model sebelumnya. “Memang ada penurunan performa karena sesuai dengan survei bahwa kendaraan ini banyak dipakai di wilayah perkotaan sekitar 70 persen dan sisanya untuk adventure. Saat memilih untuk menentukan apakah performa atau efisiensi, manajemen lebih pilih fuel consumpation. Walaupun performa turun, tapi All New Terios lebih baik dari kompetitornya,” jelas Amelia.

Lanjutnya, perubahan pada Terios juga pada desain eksterior. Kini, Terios menggunakan LED head lamp with LED position lamp sehingga terlihat lebih stylish dan modern. Kemudian new chrome window graphic membuat desain samping mewah dan stylish, new shark fin antenna. Khusus varian R tampilan new chrome front grill, new fog lamp with chrome bezel, ukuran ban 17 inci, new solid roof rail, new rear bumper with silver skid plate, new LED rear combination lamp plus LED tail lamp, new duck tail spoiler with HMSL dan lainnya.

Untuk interior, kendaraan ini pun makin nyaman. Kenyamanan terasa saat melalui tanjakan, jalan bergelombang dan bebatuan. Desain jok baru dan empuk terasa saat di jalan bebatuan, kemudian saat tikungan pun suspensi kendaraan lebih nyaman. Kini, di tiap baris penumpang terdapat sumber pengisian baterai gadget (varian R), selanjutnya varian yang sama terdapat 6 mid speaker dan 2 tweeter, new around view monitor memudahkan parkir kendaraan, leather steering and shift knob, new start stop button dan lainnya.

Hari berikutnya, test drive berlanjut ke Pantai Pasir Jambak. Di tempat ini, Daihatsu mendukung gerakan pelestarian penyu dan merupakan lokasi binaan kelima di Indonesia, selain di Perancak, Pulau Pramuka, Derawan dan Batu Hiu. (Edo)