Uji Coba UBKD SMA di Bengkulu Masih Terkendala

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi MTPd

BENGKULU, BE – Pelaksanaan uji coba Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) tingkat SMA di Provinsi Bengkulu, belum berjalan lancar. Sebagian wilayah masih terkendala mengalami gangguan jaringan internet.

“Uji coba UBKD yang dengan skala besar sudah digelar dua kali. Dari pelaksanaan itu baru 50 persen siswa bisa mengikuti kegiatan tersebut,” kata kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi MTPd kepada BE.

Sejumlah satuan pendidikan di wilayah kabupaten masih mengeluhkan tidak bisa mengakses soal dengan baik layaknya pelaksanaan Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun lalu.

“Mayoritas wilayah di kabupaten/kota mengeluhkan gagal mengakses aplikasi yang diberikan,” bebernya.

Padahal uji coba skala besar tersebut menjadi dasar pelaksanaan UBKD tahun 2021. Meski begitu, belum ada kepastian pelaksanaan UBKD apakah wajib diikuti satuan pendidikan. terlebih masih banyak wilayah yang belum didukung jaringan internet.

“Persoalan inilah menjadi bahan evaluasi untuk disampaikan ke kementerian dalam pengambilan kebijakan UBKD nantinya,” imbuhnya.

Berbeda dengan pelaksanaan UBKD di perkotaan sekolah didukung sarana dan prasarana, jaringan internet lancar. Bahkan berkaca pada Ujian Nasional lalu sekolah yang tidak memiliki perangkat harus menumpang ke tempat lain untuk bisa mengikuti UBKD dengan baik.

“Harapanya nanti dilakukan perbaikan sehingga ada peningkatan sarana dan prasarana, kemudian satuan pendidikan dapat melakukan evaluasi kenapa tidak bisa mengakses apakah terkendala jaringan di sekolah atau faktor lain. Dengan begitu saat UBKD nanti diwajibkan maka sudah tidak ada kendala lagi,” tandansya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*