Ubuntu Touch Tablet Mulai “Mengintip”

ubuntu-touchJAKARTA – Sistem operasi Ubuntu untuk tablet memang belum lama diserahkan kepada developer oleh Canonical untuk dikembangkan. Namun preview OS tersebut yang telah berjalan pada tablet Nexus telah mulai dibocorkan.

Tidak hanya menggunakan tablet Nexus, pada preiew tersebut Canonical juga turut menunjukkan smartphone yang telah disematkan OS Ubuntu besutannya yakni Galaxy Nexus dan Nexus 4.

Saat ini Ubuntu Touch hanya berisi core application, dukungan konektivitas WiFi, dukungan penggunaan kamera depan dan belakang, dan sebuah tool yang disebut Android Developer Bridge.

Sedangkan untuk Ubuntu yang digunakan pada Galaxy Nexus dan Nexus 4 telah dapat terhubung ke jaringan menggunakan koneksi seluler, membuat panggilan telepon dan mengirim pesan.

Selain itu dijelaskan Ubuntu Touch yang digunakan tersebut telah ditanamkan sebuah fitur yang memungkinkan developer untuk meletakkan atau menjalankan sebuah aplikasi langsung dari IDE (Integrated Development Environments). Demikian seperti dikutip dari Engadget.

Menariknya lagi, bagi developer lain yang ingin ikut mengembangkan Ubuntu Touch, Canonical mempersilakannya melalui sebuah link internet khusus yang berisi image OS tersebut beserta development kit melalui https://developer.ubuntu.com. (net)