U-21 Italia Bekuk Inggris, 1-0

lorenzo-insigneItalia berhasil mengawali langkahnya di Piala Eropa U-21 dengan kemenangan penting 1-0 atas tim tangguh Inggris, Kamis (6/6). Kemenangan ini membuat Italia memuncaki klasemen sementara Grup A dengan poin tiga karena di laga lainnya tuan rumah Israel ditahan imbang 2-2 oleh 10 pemain Norwegia.

Penyerang muda Napoli Lorenzo Insigne menjadi pahlawan dengan gol tunggalnya di akhir laga. Insigne sebenarnya hampir saja tidak bisa main di laga ini karena diganggu cedera engkel.

Dalam laga ini pelatih Italia Davis Mangia membuat kejutan dengan menurunkan Fabio Borini dengan Ciro Immobile ketimbang Mattia Destro di lini depan. Sedangkan di kubu Inggris mereka tak bisa menurunkan Danny Rose dan Tom Ince karena skorsing. Wilfried Zaha juga tak fit sehingga berada di bangku cadangan.

Absennya beberapa pemain penting membuat Inggris harus berada dalam tekanan hebat Italia. Immobile memiliki peluang emas pertama di menit kesembilan yang sayangnya masih meleset dari sasaran. Kerjasama Immbile dengan Insigne beberapa kali kerap merepotkan pertahanan Inggris. Beruntung bagi Inggris karena gawang Jack Butland masih aman sampai turun minum.

Kebuntuan Italia akhirnya terpecahkan 10 menit sebelum bubaran. Berawal dari pelanggaran Nathan Clyne terhadap Manolo Gabbiadini di dekat kotak penalti Inggris, hadiah tendangan bebas bisa dimaksimalkan Insigne untuk melepaskan tembakan akurat yang memperdaya Butland.

Inggris hampir menyamakan skor pada satu-satunya peluang emas mereka di laga ini pada penghujung pertandingan. Sayangnya tembakan Jordan Henderson bisa ditepis oleh kiper Italia Francesco Bardi.

Susunan Pemain:

Inggris U21: Butland; Clyne, Dawson, Caulker, Robinson; Henderson, Lowe; Redmond, Shelvey (McEachran 74), Sordell (Chalobah 65); Wickham (Delfouneso 82)

Italia U21: Bardi; Donati, Bianchetti, Caldirola, Biraghi; Florenzi, Marrone (Rossi 87), Verratti, Insigne; Borini (Destro 78), Immobile (Gabbiadini 60)